Pengembangan bahan ajar kimia pada materi sifat fisika zat dengan menggunakan strategi pembelajaran react untuk smk program keahlian analisis kimia / Endang Sunarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia pada materi sifat fisika zat dengan menggunakan strategi pembelajaran react untuk smk program keahlian analisis kimia / Endang Sunarni

Sunarni, Endang (2010) Pengembangan bahan ajar kimia pada materi sifat fisika zat dengan menggunakan strategi pembelajaran react untuk smk program keahlian analisis kimia / Endang Sunarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sunarni Endang. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Kimia pada Materi Sifat Fisika Zat dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran REACT untuk SMK Program Keahlian Analisis Kimia. Skiripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Darsono Sigit M.Pd (II) Dra. Nazriati M.Si. Kata kunci SMK bahan ajar strategi pembelajaran REACT model pengembangan. Kualitas hasil belajar di SMK yang masih rendah merupakan masalah yang sering dibicarakan dalam dunia pendidikan saat ini terutama dalam pembelajaran kimia sehingga guru berupaya untuk meningkatkan hasil belajar dengan mengembangkan bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar merupakan bahan-bahan atau materi kegiatan pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang berupa buku siswa dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai pelengkap dari bahan ajar yang dikembangkan. Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT yang terdiri dari fase relating experiencing applying cooperating and transferring. Tujuan dari pengembangan bahan ajar untuk mengetahui (1) bentuk dan isi bahan ajar kimia yang berupa buku siswa di SMK serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai pelengkap dari pengembangan bahan ajar kimia pada materi sifat fisika zat (2) kelayakan bahan ajar kimia yang berupa buku siswa di SMK dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai pelengkap dari pengembangan bahan ajar kimia pada materi sifat fisika zat dengan strategi pembelajaran REACT. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan adalah model pengembangan menurut Borg and Gall. Ada tiga langkah pelaksanaan yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (research and information colleting) (2) perencanaan (planning) (3) pengembangan draf produk (develop preliminary form of product). Instrumen pengumpulan data berupa angket. Angket yang diberikan terdiri dari 2 bagian yaitu angket penilaian buku siswa dan angket penilaian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diberikan ke guru. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase rata-rata data hasil validasi diperoleh dari 3 validator melalui angket yang telah diberikan. Hasil pengembangan bahan ajar berupa buku siswa dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai pelengkap dari pengembangan bahan ajar kimia di SMK. Buku siswa yang dikembangkan terdiri dari halaman sampul/cover kata pengantar tahap-tahap penggunaan buku siswa strategi pembelajaran petunjuk guru petunjuk siswa standar kompetensi kompetensi dasar tujuan pembelajaran indikator hasil belajar daftar isi daftar tabel daftar gambar peta konsep kegiatan belajar yang menggunakan strategi REACT ringkasan materi suplemen materi soal evaluasi daftar pustaka kunci jawaban. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri dari identitas mata diklat standar kompetensi kompetensi dasar indikator tujuan pembelajaran materi ajar uraian materi metode pembelajaran langkah-langkah pembelajaran yang disusun dengan strategi pembelajaran REACT sumber/alat/bahan belajar penilaian Berdasarkan hasil analisis dengan teknik persentase rata-rata diperoleh persentase rata-rata hasil validasi terhadap buku siswa sebesar 88 46% sehingga buku siswa dikatakan valid yang berarti tidak perlu direvisi tetapi jika ada komentar dan saran dari masing-masing validator sebaiknya digunakan acuan untuk merevisi buku siswa yang telah dikembangkan sedangkan persentase rata-rata hasil validasi terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 82 72% yang berarti valid. Hal ini menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan telah layak dan tidak perlu revisi tetapi jika ada saran dan komentar dari validator sebaiknya digunakan sebagai pertimbangan untuk memperbaiki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dikembangkan. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan telah layak diuji cobakan atau dilakukan validasi empirik di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21737

Actions (login required)

View Item View Item