Aplikasi model pembelajaran quantum learning berbasis esq pada hidrolisis garam untuk meningkatkan hasil siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Ferly Rominalisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi model pembelajaran quantum learning berbasis esq pada hidrolisis garam untuk meningkatkan hasil siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Ferly Rominalisa

Rominalisa, Ferly (2010) Aplikasi model pembelajaran quantum learning berbasis esq pada hidrolisis garam untuk meningkatkan hasil siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Ferly Rominalisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rominalisa Ferly. 2010. Aplikasi Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis ESQ pada Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu M.Si (II) Drs. Muhadi Kata kunci quantum learning ESQ mind mapping gaya belajar hasil belajar Agar mampu meningkatkan meningkatkan kualitas output pendidikan dan menciptakan suasana menyenangkan dalam pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran inovatif sehingga menjadikan belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan. Suasana menyenangkan dalam belajar dapat dilakukan dengan memaksimalkan semua kecerdasan siswa serta belajar dengan gaya belajar masing-masing siswa. Model pembelajaran Quantum Learning yang diibaratkan mengikuti konsep Fisika Quantum yaitu E mc2 dimana E Energi (antusiasme efektivitas belajar-mengajar semangat) M massa (semua individu yang terlibat situasi materi fisik) c interaksi (hubungan yang tercipta di kelas).Quantum Learning berbasis ESQ diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dapat memaksimalkan kinerja kedua belahan otak (otak kanan dan kiri) serta disesuaikan dengan teori kecepatan belajar. Penelitian ini merupakan 2 rancangan yaitu deskriptif dan pra eksperimental menggunakan rancangan One Group Pre Test and Post Test Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2008-2009 yang berjumlah 41 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi (1) ) data mengenai gaya belajar siswa (2) hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai pretest asam basa sebanyak 20 soal pilihan ganda (3) skor post tes hidrolisis garam sebanyak 20 soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji t untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat penguasaan konsep asam-basa siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 8 Malang tergolong cukup dengan nilai rata-rata 63 90. Tingkat penguasaan konsep hidrolisis garam tergolong baik dengan nilai rata-rata sebesar 80 60. Nilai t test (9 446) t tabel (2 021) pada taraf signifikansi 0 05 dinyatakan Ho ditolak. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penerapan model Pembelajaran Quantum Learning berbasis ESQ yang ditunjukkan dengan hasil belajar yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21731

Actions (login required)

View Item View Item