Studi pelaksana pembelajaran kimia pada program akselerasi di SMA negeri 3 Malang / Erna Herdwi Lestuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pelaksana pembelajaran kimia pada program akselerasi di SMA negeri 3 Malang / Erna Herdwi Lestuti

Lestuti, Erna Herdwi (2010) Studi pelaksana pembelajaran kimia pada program akselerasi di SMA negeri 3 Malang / Erna Herdwi Lestuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestuti Erna Herdwi. 2009. Studi Pelaksanaan Pembelajaran Kimia pada Program Akselerasi di SMA Negeri 3 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Herunata S.Pd M.Pd (II) Drs. Prayitno M.Pd Kata kunci studi akselerasi SMA Negeri 3 Malang Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia. Secara klasikal pendidikan di Indonesia memperlakukan semua siswa dengan menganggap kemampuan belajar dan kecerdasan mereka sama atau pada tingkat rata-rata. Pada kenyataannya siswa berdasarkan kemampuan belajar dan kecerdasannya dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu siswa dengan kemampuan belajar dan kecerdasan di bawah rata-rata rata-rata dan di atas rata-rata. Beberapa sekolah unggulan di Indonesia menyelenggarakan program percepatan belajar atau akselerasi bagi siswa yang memiliki kemampuan belajar dan kecerdasan di atas rata-rata. Salah satu sekolah tersebut adalah SMA Negeri 3 Malang. SMA Negeri 3 Malang adalah sekolah perintis penyelenggara program akselerasi mengingat penyelenggaraan program akselerasi adalah salah satu syarat untuk menjadi sekolah internasional. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penyelenggaraan program akselerasi di SMA Negeri 3 Malang. Khususnya yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan seleksi pelaksanaan kurikulum mata pelajaran kimia dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran kimia pada program akselerasi di SMA Negeri 3 Malang. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi SMA Negeri 3 Malang tentang pelaksanaan program akselerasi. Data yang digunakan sejak angkatan I (tahun pelajaran 2002/2003) sampai dengan angkatan V (tahun pelajaran 2006/2007) yang telah selesai mengikuti program akselerasi di SMA Negeri 3 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket data hasil seleksi siswa program akselerasi dan data lulusan hasil penyelenggaraan program akselerasi. Analisis data penelitian dilakukan dengan menghitung persentase jawaban responden untuk setiap variabel penelitian. Data tersebut dideskripsikan dan disimpulkan sehingga diperoleh informasi tentang penyelenggaraan dan keberhasilan program akselerasi di SMA Negeri 3 Malang. Oleh karena itu penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan program akselerasi di SMA Negeri 3 Malang secara garis besar berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Pelaksanaan kurikulum mata pelajaran kimia pada dasarnya sama dengan kurikulum yang digunakan pada program reguler hanya saja digunakan dalam waktu 2 tahun. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran kimia menggunakan model kelas khusus. Dapat dinyatakan bahwa hasil evaluasi sementara terhadap pelaksanaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Malang berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang cukup berarti. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) perlu mempertahankan prestasi yang sudah dicapai (2) mampu menghasilkan output yang dapat bersaing di tingkat global dan (3) mampu menjadi rujukan bagi sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21724

Actions (login required)

View Item View Item