Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal stoikiometri berdasarkan tahapan penyelesaian soal kelas X tahun ajaran 2008/2009 SMA Negeri 2 Trenggalek / Mayasari Oktafa Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal stoikiometri berdasarkan tahapan penyelesaian soal kelas X tahun ajaran 2008/2009 SMA Negeri 2 Trenggalek / Mayasari Oktafa Rahmah

Rahmah, Mayasari Oktafa (2010) Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal stoikiometri berdasarkan tahapan penyelesaian soal kelas X tahun ajaran 2008/2009 SMA Negeri 2 Trenggalek / Mayasari Oktafa Rahmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmah Mayasari Oktafa. 2009. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal- Soal Stoikiometri Berdasarkan Tahapan Penyelesaian Soal Kelas X Tahun Ajaran 2008/2009 SMA Negeri 2 Trenggalek. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Suhadi Ibnu M.A. Ph. D (II) Drs. Ida Bagus Suryadharma M.S. Kata kunci analisis kesulitan stoikiometri tahapan penyelesaian soal. Salah satu tujuan pengajaran kimia di SMU adalah penguasaan konsep kimia. Namun siswa sering mengalami kesulitan dalam menguasai konsep tersebut. Guna mengetahui sejauh mana penguasaan siswa terhadap suatu konsep dapat tercermin dari cara/teknik yang dilakukan siswa dalam memecahkan persoalan kimia terutama persoalan yang bersifat matematis (stoikiometri). Metode penyelesaian soal dibagi menjadi empat tahap penyelesaian soal yaitu tahap analisis soal tahap perencanaan tahap penyelesaian dan tahap penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui letak kesulitan dan persentase siswa kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal- soal stoikiometri tiap tahap penyelesaian soal dan tiap sub pokok bahasan. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yaitu kelas X-D X-E dan X-F yang diambil dengan teknik random rumpun (Cluster Random Sampling). Jumlah dari ketiga kelas tersebut adalah 105 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes essai yang terdiri dari 15 soal yang valid dengan koefisien reliabilitas 0 93. Data dianalisis secara deskriptif melalui penghitungan persentase. Hasil penelitian ini adalah (1) persentase kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal- soal stoikiometri berdasarkan tahap- tahap penyelesaian soal yaitu sebagai berikut tahap analisis 94 29% tahap perencanaan 82 53% tahap penyelesaian 67 78% dan tahap penilaian 59 13% (2) persentase kemampuan siswa dalam memecahkan soal- soal stoikiometri adalah 75 93% sedangkan (3) persentase kesulitan siswa pada tiap sub pokok bahasan yaitu menentukan atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif atau massa rumus relatif (Mr) 82 86% mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel massa zat dan volume gas 77 68% menentukan kadar zat dalam senyawa 67 04% menentukan rumus empiris dan rumus molekul senyawa 87 26% menentukan perhitungan kimia dalam persamaan reaksi 81 90% menentukan pereaksi pembatas 65 22% dan menentukan rumus air kristal 63 57%. Kemungkinan ketidakmampuan yang terjadi pada siswa disebabkan karena siswa kurang memahami konsep sebelumnya yaitu konsep mol dan reaksi kesetimbangan. Hal ini terlihat dari pekerjaan siswa pada tahap perencanaan yang kurang tepat penyelesaiannya sehingga mengakibatkan pada tahap berikutnya siswa mengalami kesulitan. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21717

Actions (login required)

View Item View Item