Pengaruh pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) berbantuan media pembelajaran pada materi pokok alkana, alkena, dan alkuna terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Gondang Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2008/2009 / Yuni Setyosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) berbantuan media pembelajaran pada materi pokok alkana, alkena, dan alkuna terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Gondang Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2008/2009 / Yuni Setyosari

Setyosari, Yuni (2010) Pengaruh pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) berbantuan media pembelajaran pada materi pokok alkana, alkena, dan alkuna terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Gondang Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2008/2009 / Yuni Setyosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyosari Yuni. 2009. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model TGT (Team Game Tournament) Berbantuan Media Pembelajaran pada Materi Pokok Alkana Alkena dan Alkuna terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Kelas X SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nazriati M.Si (2) Drs. Muhadi. Kata Kunci Kooperatif model TGT media pembelajaran hasil belajar kimia. Pelaksanaan pembelajaran Kimia diharapkan menggunakan metode pembelajaran yang berorientasi konstruktivistik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat menunjukkan peran aktif siswa adalah metode kooperatif model TGT (Team Game Tournament). Pada penelitian ini diterapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT berbantuan media pembelajaran untuk mengatasi masalah hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan metode kooperetif model TGT berbantuan media pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan eksperimental semu dan deskriptif. Rancangan pengembangan digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi pokok alkana alkena dan alkuna. Pengembangan menggunakan model Dick and Carey. Implementasi hasil pengembangan menggunakan rancangan eksperimen semu. Sedangkan rancangan deskriptif digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Gondang Kabupaten Nganjuk kelas X semester 2 tahun ajaran 2008/2009. Sampel penelitian adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran Kooperati model TGT berbantuan media pembelajaran dan kelas kontrol dilakukan pembelajaran Kooperatif model TGT. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran lembar observasi tes kognitif dan angket motivasi belajar. Dari hasil uji coba tes hasil belajar diperoleh 32 soal valid dengan nilai reliabilitas 0 646. Perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji-t satu pihak. Sedangkan motivasi belajar dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78 75 dan kelas kontrol sebesar 77 3. Begitu juga nilai afektif dan psikomotorik siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai afektif dan psikomotorik siswa kelas kontrol. (2) Motivasi belajar siswa tehadap penggunaan metode pembelajaran kooperatif model TGT adalah positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21715

Actions (login required)

View Item View Item