Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi laju reaksi untuk SMA kelas XI / Krisna Hartanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi laju reaksi untuk SMA kelas XI / Krisna Hartanto

Hartanto, Krisna (2010) Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi laju reaksi untuk SMA kelas XI / Krisna Hartanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartanto Krisna. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Komputer pada Materi Laju Reaksi untuk SMA Kelas XI Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Fauziatul Fajaroh M.S. (II) Munzil S.Pd. M.Si. Kata kunci media pembelajaran media berbasis komputer laju reaksi. Beberapa dekade terakhir ICT (Information and Communication Technology) berkembang dengan pesat dan telah merambah segala bidang kehidupan manusia tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran berbasis komputer merupakan salah satu contoh penerapan ICT dalam bidang pendidikan. Dengan diterapkannya kurikulum 2006 atau KTSP yang menggunakan paradigma konstruktivistik keberadaan media pembelajaran berbasis komputer yang menarik dan interaktif sangat diperlukan untuk membantu mempermudah siswa dalam memahami materi kimia yang banyak memiliki konsep abstrak. Salah satu materi kimia yang memerlukan media pembelajaran adalah materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer yang menarik interaktif dan mudah dipahami untuk materi laju reaksi. Rancangan pengembangan media pembelajaran ini mengadopsi model pengembangan Dick and Carrey dengan beberapa penyesuaian yang diperlukan. Pengujian validitas media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan instrumen berupa angket/kuisioner tertutup. Pengujian validitas meliputi uji validitas isi dan uji terbatas. Validator uji validitas isi adalah dosen kimia UM sedangkan validator uji terbatas adalah 5 orang guru kimia dari SMAN 4 Malang (3 orang) dan SMAN 2 Malang (2 orang). Setelah melalui tahap validasi media pembelajaran diperbaiki berdasarkan saran-saran yang diberikan validator. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran laju reaksi yang dikemas dalam CD. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dihasilkan memiliki tingkat validitas 90 5% dari uji validitas isi dan 90 2% untuk uji terbatas. Dengan demikian media ini telah layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran untuk materi laju reaksi di SMA Kelas XI. Namun demikian efektivitas penggunaan media ini masih perlu diteliti lebih lanjut melalui kegiatan empiris di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21714

Actions (login required)

View Item View Item