Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI-IA SMA Negeri 8 Malang pada materi pokok koloid / Anis Shalikhawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI-IA SMA Negeri 8 Malang pada materi pokok koloid / Anis Shalikhawati

Shalikhawati, Anis (2010) Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI-IA SMA Negeri 8 Malang pada materi pokok koloid / Anis Shalikhawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shalikhawati Anis. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-IA SMA Negeri 8 Malang pada Materi Pokok Koloid. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumari M.Si (II) Drs. Aman Santoso M.Si. Kata Kunci inkuiri terbimbing kerja ilmiah motivasi prestasi koloid Pembelajaran kimia berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami secara sistematis sehingga kimia bukan hanya sekedar penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta konsep prinsip tetapi juga proses penemuan. Konsep- konsep kimia mempunyai sifat abstrak dan berjenjang sehingga pembelajaran kimia ditekankan pada pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan ketrampilan proses dan sikap ilmiah. Upaya meningkatkan ketrampilan kerja ilmiah siswa adalah dengan memberikan serangkaian kegiatan yang dapat meningkatkan kerja ilmiah. Salah satu metode mengajar sains kimia yang dapat meningkatkan kerja ilmiah siswa adalah dengan metode inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan prestasi dan motivasi belajar antara siswa yang diajar dengan metode inkuiri terbimbing dan konvensional mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dalam upaya meningkatkan ketrampilan kerja ilmiah siswa dan mengetahui persepsi siswa terhadap proses pembelajaran kimia dengan materi koloid. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (quasy experimental design) dan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah lima kelas yaitu kelas XI-IA1 sampai XI-IA5. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling kelompok. Dari teknik tersebut diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-IA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IA3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru (metode konvensional). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran lembar observasi ketrampilan kerja ilmiah siswa angket motivasi belajar dan persepsi siswa. Dari hasil uji coba tes prestasi belajar diperoleh 32 soal valid dengan tingkat realibilitas 0 914. Perbedaan prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan uji Mann-Whitney sedangkan perbedaan motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan uji-t dua pihak Untuk memperoleh gambaran secara nyata tentang keterampilan kerja ilmiah dan persepsi siswa dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang diajar secara konvensional pada materi pokok koloid dimana prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode inkuiri terbimbing lebih tinggi (87 28) daripada siswa yang diajar dengan metode konvensional (79 66) (2) Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang positif terhadap ketrampilan kerja ilmiah siswa hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketercapaian ketrampilan kerja ilmiah siswa selama empat kali pertemuan selama proses pembelajaran (3) Motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang diajar secara konvensional pada materi pokok koloid (4) Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran kimia dengan materi koloid sebagian besar adalah positif. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan ketrampilan kerja ilmiah motivasi dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21713

Actions (login required)

View Item View Item