Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dipadu problem posing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X SMA PGRI 1 Lumajang / Lazmi Lukitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dipadu problem posing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X SMA PGRI 1 Lumajang / Lazmi Lukitasari

Lukitasari, Lazmi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dipadu problem posing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X SMA PGRI 1 Lumajang / Lazmi Lukitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lukitasari Lazmi. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD Dipadu Problem Posing Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri Kelas X SMA PGRI 1 Lumajang. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D (II) Herunata S.Pd. M.Pd Kata Kunci STAD problem posing prestasi belajar stoikiometri Pembelajaran berbasis konstruktivistik lebih menekankan pada proses mengkonstruksi pengetahuan sehingga siswa dapat aktif dan saling bekerja sama dalam proses pembelajaran. Kenyataannya masih ada sekolah yang belum sepenuhnya menerapkan model pembelajaran konstruktivistik termasuk di SMA PGRI 1 Lumajang. Salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tipe ini menekankan adanya aktivitas dan interaksi antar siswa untuk saling membantu dalam menguasai materi guna mencapai prestasi yang maksimal. Selain itu terdapat strategi Problem Posing yang dapat membiasakan siswa mengkonstruksi pemahaman berdasarkan informasi yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif STAD dipadu Problem Posing dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif STAD pada materi Stoikiometri (2) mengatahui ketercapaian aspek dasar pembelajaran kooperatif siswa kelas kontrol dan eksperimen pada kegiatan diskusi (3) mengetahui keterlaksanaan aspek afektif siswa kelas kontrol dan eksperimen selama proses pembelajaran berlangsung (4) mengetahui kemampuan Problem Posing siswa eksperimen pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 1 Lumajang semester dua tahun ajaran 2008/2009. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu kelas X-4 sebagai kelas kontrol dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah perangkat pembelajaran tes prestasi belajar lembar observasi dan data kemampuan Problem Posing siswa kelas eksperimen. Data kemampuan awal siswa dan prestasi belajar siswa dideskripsikan secara kuantitatif yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Data penilaian ketercapaian kelima unsur pembelajaran kooperatif penilaian afektif dan data kemampuan Problem Posing siswa kelas eksperimen dideskripsikan secara kualitatif. Hasil analisis uji t prestasi belajar siswa yang menggunakan SPSS 16.0 for windows menunjukkan Ho ditolak dengan nilai signifikansi 0 01 0 05 yang berarti terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif STAD dipadu Problem Posing dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif STAD pada materi Stoikiometri. Ketercapaian lima unsur dasar pembelajaran kooperatif keterlaksanaan aspek afektif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol secara umum terjadi peningkatan pada setiap iv proses pembelajaran. Kemampuan Problem Posing siswa kelas eksperimen menunjukkan bahwa siswa mampu mengembangkan informasi yang ada dalam merumuskan (membuat) soal sesuai dengan kondisi soal yang tersedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21709

Actions (login required)

View Item View Item