Identifikasi konsep sukar dan kesalahan konsep perubahan fisika dan kimia pada siswa SMPN 8 Malang / Supatmiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi konsep sukar dan kesalahan konsep perubahan fisika dan kimia pada siswa SMPN 8 Malang / Supatmiati

Supatmiati (2009) Identifikasi konsep sukar dan kesalahan konsep perubahan fisika dan kimia pada siswa SMPN 8 Malang / Supatmiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada tahun 2006 Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) diperbaharui menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam KTSP sains merupakan salah satu mata pelajaran di SMP yang merupakan kajian secara simultan dari aspek biologis fisis dan kimia. Untuk aspek kimia sains mengkaji berbagai fenomena atau gejala kimia baik pada makhluk hidup maupun pada benda mati yang ada di alam semesta (Depdiknas 2006). Menurut Depdikbud (1980 12-13) ilmu kimia mempelajari zat dari segi struktur susunan atau komposisi perubahan susunan mekanisme dan perubahan energi yang menyertainya. Sementara Slabaugh dan Parsons (dalam Effendy 2002 2) mendefinisikan ilmu kimia yaitu ilmu tentang sifat zat perubahan zat serta konsep dan teori yang menafsirkan atau menjelaskan perubahan zat. Ilmu kimia memiliki ciri-ciri yang khas seperti diungkapkan Kean dan Middlecamp (1985 5-9) bahwa sebagian besar konsep kimia bersifat abstrak ilmu kimia yang dipelajari merupakan penyederhanaan dari yang sebenarnya materi berurutan dan berkembang dengan cepat tidak hanya sekedar memecahkan soal-soal bahan yang dipelajari sangat banyak. Lebih lanjut Sastrawijaya (1988 115) menyebutkan bahwa suatu konsep yang kompleks dalam sains hanya dapat dipahami jika konsep-konsep yang lebih fundamental yang membentuk konsep baru telah benar-benar dipahami. Hal ini sesuai dengan pendapat Gagne dalam Sastrawijaya (1988 115) bahwa mempelajari kumpulan pengetahuan yang berurutan tergantung pada penguasaan kumpulan pengetahuan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21708

Actions (login required)

View Item View Item