Perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Malang yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode konvensional pada materi pokok koloid tahun ajaran 2008-2009 / Yuwanita Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Malang yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode konvensional pada materi pokok koloid tahun ajaran 2008-2009 / Yuwanita Indriani

Indriani, Yuwanita (2010) Perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Malang yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode konvensional pada materi pokok koloid tahun ajaran 2008-2009 / Yuwanita Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indriani Yuwanita. 2009. Perbedaan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Malang yang Dibelajarkan dengan Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing dan Metode Konvensional pada Materi Pokok Koloid Tahun Ajaran 2008- 2009. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.I Wayan Dasna M.Si M.Ed. Ph.D. (II) Drs. H. Parlan M. Si. Kata kunci hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi inkuiri terbimbing Pembelajaran IPA khususnya kimia dalam pembelajarannya lebih menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan kerja ilmiah. Materi kimia yang berjenjang membuat siswa sulit memahami konsep-konsep kimia. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMAN 2 Pasuruan dan SMAN 4 Malang serta berdasarkan wawancara dengan sejumlah murid diketahui bahwa pembelajaran kimia masih diajarkan dengan metode ceramah dan dilanjutkan dengan hafalan. Keadaan tersebut mengakibatkan siswa cenderung lemah dalam penguasaaan konsep-konsep pasif serta kurang berminat dalam mempelajari kimia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perbedaan antara hasil belajar siswa kelas XI SMAN 4 Malang yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional (2) perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 4 Malang yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dan rancangan deskripif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 4 Malang sedangkan sampel adalah siswa kelas XIA-3 dan XIA-4 SMAN 4 Malang. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen pengukuran dan instrumen perlakuan. Instrumen pengukuran terdiri atas soal post test dan lembar observasi. Hasil uji coba tes diperoleh 24 soal valid dengan nilai reliabilitas 0 77. Soal yang tidak valid diperbaiki kambali. Perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji-t dua pihak. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dianalisis dengan cara menghitung persentase jawaban siswa dalam menjawab soal ranah C4-C6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 84 dan kelas kontrol 78. Begitu juga nilai psikomotorik dan afektif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai psikomotorik dan afektif siswa kelas kontrol (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemapuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini terlihat dari persentase kemampuan siswa menjawab soal-soal dengan benar untuk kelas eksperimen pada jenjang C4 adalah 94% C5 sebesar 92% dan C6 sebesar 94% sedangkan pada kelas kontrol pada jenjang C4 adalah 77% C5 sebesar 59% dan C6 sebesar 71%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21705

Actions (login required)

View Item View Item