Kajian tentang problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI SMAN 7 Malang pada materi pokok larutan penyangga / Sri Oktafia Setyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian tentang problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI SMAN 7 Malang pada materi pokok larutan penyangga / Sri Oktafia Setyaningsih

Setyaningsih, Sri Oktafia (2010) Kajian tentang problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI SMAN 7 Malang pada materi pokok larutan penyangga / Sri Oktafia Setyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyaningsih Sri Oktafia. 2008. Kajian Tentang Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMAN 7 Malang Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D (II) Drs. H. Parlan M.Si Kata kunci problem based learning hasil belajar keterampilan pemecahan masalah Pembelajaran kimia SMA merupakan kerangka dasar untuk siswa memahami Ilmu Kimia yang diperoleh dan dikembangakan berdasarkan eksperimen yang membutuhkan keterampilan serta penalaran. Pergeseran paradigma pendidikan dari behaviorisme menuju konstruktivisme mewarnai aspek-aspek dalam pembelajaran kimia yang salah satunya adalah model pembelajaran. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang menerapkan prinsip dan nilai konstruktivistik yang tidak hanya memperhatikan produknya namun juga memperhatikan prosesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model PBL dan konvensional serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan postes dan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMAN 7 Malang semester 2 tahun pelajaran 2008/2009. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan cara konvensional (ceramah). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t yang sebelumnya telah di uji normalitas homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret sampai april 2009 di SMAN 7 Malang. Instrumen yang dalam penelitian antara lain RPP LKS soal tes angket dan lembar observasi keterampilan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan sebelumnya telah divalidasi oleh validator yaitu dua Dosen FMIPA UM dan satu guru Kimia SMAN 7 Malang. Untuk soal tes dilanjutkan dengan melakukan uji coba pada siswa yang telah mempelajari materi pokok larutan penyangga. Hasil uji coba soal tes menyatakan bahwa dua nomor soal tidak valid sehingga perlu dilakukan perbaikan dan soal tes dinyatakan reliabel dengan 945 lebih besar dari rtable yaitu 0 82 0 423. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 78 7 dengan standart devisiasi 5 98 dan 91 9% ketutasan sedangkan kelas kontrol rata-ratanya 72 3 dengan standart devisiasi 4 4 dan 75 7% ketutasan. (2) Keterampilan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dan kelas kotrol berbeda dengan rata-rata hasil observasi berturut-turut adalah 73 8% dan 33 4%. (3) Siswa senang diajar dengan model PBL tampak dari hasil angket yang disebarkan diperoleh 41% sangat setuju 51% setuju dan 8% tidak setuju memberikan tanggapan pembelajaran dengan menggunakan model PBL. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan PBL dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam bidang kimia khususnya pada meteri larutan penyangga. Oleh sebab itu disarankan bahwa PBL dapat diterapkan pada pembelajaran kimia materi pokok larutan penyangga atau materi kimia lainnya. KATA PENGANTAR Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan ke Hadirat Alloh SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayahNya sehingga skripsi yang berjudul Kajian Tentang Perbadaan Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMAN 7 Malang Yang Diajar Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Pada Materi Pokok Larutan Penyangga bisa terselesaikan. Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi S1 Pendidikan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Dalam menyelesaikan skripsi ini penulis tidak terlepas dari bantuan dan dukungan berbagai pihak. Untuk itu penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada 1. Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed. Ph.D selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan selama penelitian dan penyusunan skripsi. 2. Drs. H. Parlan M.Si selaku dosen pembimbing II yang telah membimbing penulis dalam menyusun skripsi. 3. Dr. Sutrisno M.Si selaku penguji utama yang telah memberikan saran dan kritiknya terhadap penulisan skripsi ini. 4. Dra. Susy Tjahjawati selaku guru bidang studi Kimia kelas XI SMAN 7 Malang yang telah memberi masukan ijin kesempatan dan kepercayaan kepada penulis untuk melakukan penelitian. 5. Drs. Mahmudi M.Si dan Drs. Supardjito selaku validator yang telah berkenan memberikan penilaian kritik dan saran pada instrumen penelitian. 6. Drs. Prayitno M.Pd selaku Ketua Jurusan Kimia FMIPA dan Dra. Hayuni Retno Widarti M.Si selaku dosen Penasehat Akademik yang telah memberi kemudahan bagi penulis selaku anak INPUT selama kuliah di UM. 7. Siswa-siswi kelas XI IPA-1 XI IPA-2 dan XI IPA-3 SMAN 7 Malang yang telah banyak membantu penulis selama PPL dan penelitian. 8. Ayah Ibu Kakak dan Adik-adik tercinta yang senantiasa membantu menghibur dan mendo akan penulis dengan tulus tanpa henti. 9. Seseorang yang sejak tahun 2005 dengan sabar dan setia mendampingiku dalam hidup dan berkarya. Terima kasih atas nasehat semangat motivasi perhatian dan do anya yang selama ini tulus diberikan kepada penulis. 10. Teman-teman sekerja di FK UNISMA terima kasih atas kerjasama do a dan dukungannya. Pak Bambang selaku Kepala TU yang telah banyak memberi dukungan motivasi dan keyakinan serta membantu penulis dalam kelancaran kerja dengan kuliah. 11. Teman-teman INPUT dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan di kesempatan ini terima kasih banyak dukungannya. Penulis menyadari bahwa penulisan skripsi masih jauh dari sempurna oleh karena itu penulis mengharapkan adanya kritik dan saran demi kesempurnaan skripsi ini. Penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca pendidikan dan masyarakat. Malang Agustus 2009 Penulis DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK i KATA PENGANTAR iii DAFTAR ISI v DAFTAR TABEL vii DAFTAR GAMBAR viii DAFTAR LAMPIRAN ix BAB I PENDAHULUAN 1 A. Latar Belakang 1 B. Rumusan Masalah 6 C. Tujuan Penelitian 6 D. Hipotesis Penelitian 7 E. Manfaat Penelitian 7 F. Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian 8 G. Definisi Operasional 8 BAB II KAJIAN PUSTAKA 10 A. Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Ilmu Kimia 10 B. Pembelajaran Dengan Problem Based Learning (PBL) 12 C. Keterlaksanaan PBL Dalam Pembelajaran Kimia 16 D. Keterampilan Pemecahan Masalah 19 E. Hasil Belajar Larutan Penyangga 21 F. Meteri Pokok Larutan Penyangga 23 BAB III METODOLOGI PENELITIAN 27 A. Rancangan Penelitian 27 B. Variabel Penelitian 28 C. Populasi dan Sampel 29 D. Instrumen Penelitian 30 E. Teknik Pengumpulan Data 38 F. Teknik Analisis Data 40 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 48 A. Hasil Penelitian 48 1. Deskripsi Keterlaksanaan RPP 48 2. Deskripsi Data Hasil Observasi Keterampilan Pemecahan Masalah 56 3. Deskripsi Data Hasil Belajar 61 4. Deskripsi Data Angket Tanggapan Siswa 78 B. Pembahasan 79 1. Keterlaksanaan Proses Pembelajaran 79 2. Keterampilan Pemecahan Masalah 82 3. Hasil Belajar 84 4. Tanggapan Siswa 87 BAB V PENUTUP 88 A. Kesimpulan 88 B. Saran 89 DAFTAR RUJUKAN 90 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN 93 LAMPIRAN 94 RIWAYAT HIDUP 218 DAFTAR TABEL Tabel Halaman 2.1 Sintaks Problem Based Learning (PBL) 13 2.2 Penerapan Model PBL Pada Materi Pokok Larutan Penyangga 18 2.3 Aspek Kognitif Dari Hasil Belajar 22 2.4 Data Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar 24 3.1 Rancangan Penelitian 28 3.2 Komposisi Variabel 29 3.3 Rincian RPP 30 3.4 Kriteria Reliabilitas Butir Soal 33 3.5 Kriteria Taraf Kesukaran Butir Soal 34 3.6 Kriteria Daya Beda Butir Soal 34 3.7 Jenis Data dan Teknik Pengumpulan Data 39 3.8 Kriteria Tanggapan Siswa 40 3.9 Ringkasan Analisis Data 46 4.1 Keterlaksanaan Tahap PBL Dalam Penelitian 48 4.2 Hasil Rancangan Penyelidikan Siswa 51 4.3 Data Rincian Nilai Kognitif Siswa 72 4.4 Data Hasil Belajar Kognitif Siswa 72 4.5 Hasil Uji Normalitas Data Kemampuan Awal Siswa 73 4.6 Hasil Uji Homogenitas Data Kemampuan Awal Siswa 74 4.7 Hasil Uji-t Kemampuan Awal Siswa 74 4.8 Hasil Uji Normalitas Data Hasil Belajar Kognitif Siswa 75 4.9 Hasil Uji Homogenitas Data Hasil Belajar Kognitif Siswa 75 4.10 Hasil Uji-t Hasil Belajar Kognitif Siswa 76 4.11 Rincian Tanggapan Siswa Terhadap Model PBL 78 DAFTAR GAMBAR Gambar Halaman 4.1 Grafik Keterlaksanaan RPP 56 4.2 Grafik Kemampuan Siswa Menggunakan Proses Berfikir Dasar 57 4.3 Grafik Kemampuan Siswa Mengumpulkan Fakta Yang Terkait Dengan Masalah 58 4.4 Grafik Kemampuan Siswa Mencari Informasi Lain Yang Diperlukan 58 4.5 Grafik Kemampuan Siswa Memberikan Saran Berbagai Alternatif Pemecahan Masalah 59 4.6 Grafik Kemampuan Siswa Memperkirakan dan Memilih Cara Pemecahan Masalah 60 4.7 Grafik Persentase Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa 60 4.8 Grafik Keaktifan Siswa Merespon 62 4.9 Grafik Kehadiran Siswa 63 4.10 Grafik Kerapian Siswa Mengerjakan LKS 64 4.11 Grafik Ketepatan Siswa Mengumpulkan Tugas 65 4.12 Grafik Kemampuan Siswa Melakukan Kerjasama Kelompok 66 4.13 Grafik Kemampuan Siswa Menjawab Pertanyaan Dalam Diskusi dan Presentasi 67 4.14 Grafik Kemampuan Siswa Mengambil Data 68 4.15 Grafik Kemampuan Siswa Merumuskan Kesimpulan 69 4.16 Grafik Keterampilan Siswa Dalam Bekerja 69 4.17 Grafik Kebersihan dan Kerapian Siswa Dalam Melakukan Penyelidikan 70 4.18 Grafik Ketepatan Siswa Membuat Hasil Karya 71 4.19 Grafik Tingkatan Berpikir Siswa 77 4.20 Data Pengolahan Data Angket Tanggapan Siswa 78 4.21 Grafik Persentase Tanggapan Siswa Terhadap Model PBL 79 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran Halaman 1. Silabus Pembelajaran 94 2. Peta Konsep Larutan Penyangga 96 3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 97 4. Artikel Larutan Penyangga 112 5. Hand Out 115 6. Lembar Kerja Siswa (LKS) 130 7. Soal dan Jawaban Kuis 138 8. Angket Tanggapan Siswa 141 9. Kisi-Kisi dan Kartu Soal Tes Larutan penyangga 143 10. Hasil Validasi Isi Soal Tes Ulangan Harian 150 11. Deskripsi Hasil Validitas dan Reliabilitas Uji Coba Soal Tes 156 12. Perhitungan Daya Beda Soal Tes 159 13. Perhitungan Indeks Kesukaran Soal Tes 161 14. Hasil Observasi Keterampilan Pemecahan Masalah Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol 162 15. Hasil Observasi Afektif Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol 174 16. Hasil Observasi Psikomotor Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol 186 17. Keterangan dan Rubrik Penilaian Lembar Observasi 198 18. Daftar Nilai Afektif 201 19. Daftar Nilai Psikomotor 203 20. Daftar Nilai Kognitif 205 21. Daftar Nilai Hasil Belajar 207 22. Daftar Nilai Kemampuan Awal 209 23. Analisis Data Kemampuan Awal Siswa dan Hasil Belajar Kognitif Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol 210 24. Data Rekapitulasi Angket Tanggapan Siswa. 213 25. Keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 215 26. Dokumentasi Penelitian 217

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21704

Actions (login required)

View Item View Item