Penerapan model pembelajaran learning cycle 5 E berbantuan media pembelajaran komputer untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X SMAN 3 Malang / Uliyatid Dayyinati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle 5 E berbantuan media pembelajaran komputer untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X SMAN 3 Malang / Uliyatid Dayyinati

Dayyinati, Uliyatid (2010) Penerapan model pembelajaran learning cycle 5 E berbantuan media pembelajaran komputer untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X SMAN 3 Malang / Uliyatid Dayyinati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dayyinati Uliyatid. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Berbantuan Media Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Siswa Kelas X MAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Drs. Mahmudi M.Si. Kata kunci learning cycle media pembelajaran komputer konsep mikroskopis larutan elektrolit dan non elektrolit hasil belajar kimia Pembelajaran kimia mencakup pemahaman konsep secara mikroskopis dan makroskopis. Berdasarkan penelitian pemahaman siswa belum optimal dalam penggambaran mikroskopis materi elektrolit dan non elektrolit. Pada kegiatan pembelajaran konsep yang abstrak tersebut memerlukan media yang dapat membantu pemahaman siswa. Konsekuensi penerapan KTSP adalah pembelajaran berdasarkan pandangan konstruktivisme. Penelitian ini mengkaji penerapan model learning cycle 5 E berbantuan media komputer dengan tujuan penelitian (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5 E berbantuan media komputer dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5 E tanpa bantuan media komputer (2) mengetahui pemahaman siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5 E berbantuan media komputer dibandingkan pada siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5 E tanpa bantuan media komputer pada konsep mikroskopis larutan elektrolit dan non elektrolit dan (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan model learning cycle 5 E berbantuan media komputer. Pada penelitian ini digunakan rancangan penelitian eksperimen semu yang melibatkan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MAN 3 Malang dengan sampel dua kelas dari kelas X. Kelompok kontrol adalah kelas X-D dengan jumlah 36 siswa dan kelas eksperimen adalah kelas X-C 36 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya instrumen perlakuan berupa silabus rencana pembelajaran dan lembar kerja siswa dan instrumen pengukuran hasil perlakuan berupa tes lembar observasi dan angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan model learning cycle 5 E berbantuan media komputer. Data yang diperoleh dianalisis dengan tenik inferensial komparasi menggunakan uji-t. Cara menganalisis data dapat dibedakan menjadi dua yaitu analisis data statistik pada data nilai tes kognitif dan analisis data deskriptif pada data nilai angket dan lembar observasi kelas. Berdasarkan dari nilai uji-t tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5 E berbantuan media komputer dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5 E (nilai Sig. (0 726) 0 05. dan thitung (0 352) ttabel (1 994)). Nilai rata rata hasil belajar kelompok kontrol 76 4 dan kelompok eksperimen sebesar 77 2. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar ini disebabkan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran learning cycle 5 E berbantuan media komputer mirip dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 5 E tanpa bantuan komputer dan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E telah memfasilitasi siswa untuk belajar dan membangun pengetahuannya sendiri. Namun pemahaman konsep mikroskopis larutan elektrolit dan non elektrolit pada siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil angket siswa memberi-kan respon sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran learning cycle 5 E berbantuan media pembelajaran komputer yakni 80 1% . Rata-rata hasil penilaian media oleh siswa sebesar 82 5% dengan kriteria layak. Artinya penggunaan media ini efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai kuis nilai afektif dan psikomotor siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21702

Actions (login required)

View Item View Item