Pengembangan media tutorial berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII semester II di SMP Negeri 1 Mojosari / Wirawan Pujiantoro

Pujiantoro, Wirawan (2011) Pengembangan media tutorial berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII semester II di SMP Negeri 1 Mojosari / Wirawan Pujiantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Media Tutorial, Multimedia Interaktif, TIK Media tutorial dengan konsep multimedia interaktif yang dikembangkan dalam penelitian ini juga berasumsi sama dengan konsep multimedia interaktif. Multimedia interaktif merupakan sebuah sajian, permainan atau aplikasi yang menggabungkan audio (suara), gambar, animasi dan teks serta dapat mengendalikan tombol-tombol seperti pemacu CD-ROM yang dapat di kendalikan sendiri oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Mojosari, penggunaan bahan ajar multimedia interaktif dalam penyampaian materi pelajaran khususnya Teknologi Informasi dan komunikasi masih kurang. Hal ini dibuktikan dengan hanya adanya bahan ajar cetak sebagai penunjang siswa dalam memahami materi. Karena itu, pengembang membuat alternatif pilihan bahan ajar melalui pengembangan media tutorial berbasis multimedia interaktif. Tujuan pengembangan media tutorial berbasis multimedia interaktif ini adalah menghasilkan sebuah multimedia interaktif sebagai salah satu alternatif bahan ajar Teknologi Informasi dan komunikasi kelas VIII SMP semester II yang efektif dalam pembelajaran. Subyek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas VIII semester II Tahun 2010 di SMP Negeri 1 Mojosari. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket ahli media, ahli materi, dan siswa. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan evaluasi dalam bentuk tes, yaitu pre-test dan post-test. Hasil pengembangan media tutorial berbasis multimedia interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni, ahli media 95,8%, ahli materi 88,75%, audiens perseorangan 87,5%, audiens kelompok kecil 87,9% dan audiens lapangan 81,88%. Sedangkan untuk hasil belajar pada uji coba lapangan, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi SKM, dari 82,76% sebelum penggunaan bahan ajar berupa media tutorial berbasis multimedia interaktif, menjadi 100% setelah penggunaan bahan ajar berupa media tutorial berbasis multimedia interaktif, sehingga media tutorial berbasis multimedia interaktif ini bisa dikatakan efektif, dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan kepada pengembang selanjutnya adalah, hendaknya hasil produk media tutorial berbasis multimedia interaktif ini ditindak lanjuti dengan memperbaiki desain tombol dan pengaturan volume dari multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item