Pengembangan modul pembelajaran kimia materi bahan kimia di rumah berbasis kontekstual dengan strategi react untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Endah Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran kimia materi bahan kimia di rumah berbasis kontekstual dengan strategi react untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Endah Wulandari

Wulandari, Endah (2010) Pengembangan modul pembelajaran kimia materi bahan kimia di rumah berbasis kontekstual dengan strategi react untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Endah Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Endah. 2009. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Materi Bahan Kimia di Rumah Berbasis Kontekstual dengan Strategi REACT untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Parlan M.Si. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata kunci modul pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT Bahan Kimia di Rumah. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) merupakan kurikulum penyempurna Kurikulum Berbasis Kompetensi (2004). Melalui KTSP ini dilakukan penyempurnaan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan salah satunya pada tingkat SMP/MTs. Bahan kajian Kimia merupakan bahan kajian baru untuk tingkat SMP/MTs sejak diberlakukannya kurikulum 2004. Oleh karena itu diperlukan suatu sumber belajar untuk memperkenalkan ilmu Kimia di SMP/MTs salah satunya adalah modul. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pengembangan modul pembelajaran kimia untuk materi Bahan Kimia di Rumah adalah kontekstual dengan strategi REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating and Trasfering). Sejauh ini belum tersedia modul pembelajaran kimia untuk SMP/MTs berbasis kontekstual dengan strategi REACT yang menggunakan KTSP sebagai acuan kurikulum. Tujuan utama penelitian pengembangan ini adalah membuat modul pembelajaran kimia materi Bahan Kimia di Rumah berbasis kontekstual dengan strategi REACT untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Model pengembangan modul Bahan Kimia di Rumah berbasis kontekstual dengan menggunakan strategi REACT ini mengacu pada 10 langkah penelitian dan pengembangan menurut Gall dan Borg (dalam Sukmadinata 2005 170-181). Akan tetapi karena keterbatasan waktu dan biaya maka penelitian pengembangan ini dibatasi sampai langkah ketiga. Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan adalah sebagai berikut (1) penelitian dan pengumpulan data yang meliputi pengukuran kebutuhan studi literatur dan penelitian dalam skala kecil (2) perencanaan pengembangan produk yang meliputi rancangan produk yang mencakup tujuan penggunaan produk siapa pengguna produk komponen-komponen produk dan proses pengembangan dengan mempertimbangkan biaya orang-orang yang berpartisipasi dalam pengembangan alat dan bahan yang diperlukan dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan semua kegiatan penelitian pengembangan (3) pengembangan produk awal yang meliputi penyusunan produk awal. Desain validasi pada pengembangan modul ini hanya sampai pada validasi isi saja. Data diperoleh dari 5 validator yang terdiri dari 2 dosen kimia dan 3 guru SMP/MTs. Instrumen pengumpulan data validasi pada penelitian ini adalah angket/kuesioner dengan skala Likert dan lembar saran. Data yang diperoleh berupa penilaian dan tanggapan dari validator yang digunakan untuk menentukan kelayakan (validitas) modul yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis nilai rata-rata. Hasil penelitian pengembangan ini adalah modul pembelajaran kimia berbasis kontekstual dengan strategi REACT pada materi Bahan Kimia di Rumah. Modul ini terdiri dari 4 kegiatan belajar yaitu (1) bahan pembersih (2) bahan pemutih (3) bahan pewangi (4) bahan pembasmi serangga. Hasil validasi modul pembelajaran ini mencapai tingkat validasi 85 46% yang berarti bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bagian perangkat pembelajaran untuk mengajarkan Bahan Kimia di Rumah untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Walaupun demikian efektivitas penggunaan modul ini masih perlu diteliti lebih lanjut melalui kegiatan implementasi di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21695

Actions (login required)

View Item View Item