Pengaruh pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching) dalam strategi pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap prestasi belajar bahan kimia di rumah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Erni Darlia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching) dalam strategi pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap prestasi belajar bahan kimia di rumah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Erni Darlia

Darlia, Erni (2010) Pengaruh pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching) dalam strategi pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap prestasi belajar bahan kimia di rumah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Erni Darlia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darlia Erni. 2009. Pengaruh Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar Bahan Kimia di Rumah pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (2) Dra. Nazriati M.Si. Kata Kunci STAD Pembelajaran Timbal Balik Bahan Kimia di Rumah Materi kimia merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa SMP Negeri 20 Malang sehingga prestasi belajar kimia siswa SMP Negeri 20 Malang untuk sub bab Bahan Kimia di Rumah kurang memuaskan. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa antara lain dengan menggunakan variasi pembelajaran yang bersifat konstruktivisme. Strategi pembelajaran yang bersifat konstruktivisme antara lain pembelajaran timbal balik dan STAD. Apakah strategi pembelajaran timbal balik dalam STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran prestasi belajar serta bagaimana respon siswa terhadap strategi tersebut adalah permasalahan dalam penelitian ini. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran selama penerapan strategi tersebut untuk mengetahui prestasi belajar dan respon siswa terhadap penggunaan pembelajaran timbal balik dalam STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 20 Malang semester 2 tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 280 anak yang mendapat materi Bahan Kimia di Rumah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah penarikan sampel acak berkelompok (cluster random sampling). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen dan VIIIC sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dilakukan pembelajaran timbal balik dalam STAD sedangkan kelompok kontrol dilakukan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan meliputi RPP LKS tes angket kuis dan lembar observasi. Dari uji coba soal tes prestasi belajar diambil 25 butir soal valid dengan reliabilitas 0 468. Hasil penelitian menunjukkan 1) pembelajaran timbal balik dalam STAD dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan dan diskusi kelompok siswa selama proses pembelajaran kooperatif menunjukkan peningkatan dari awal hingga akhir 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran timbal balik dalam STAD dengan yang diajar menggunakan STAD saja. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80 05 dan kelas kontrol 62 90 serta thitung ttabel (thitung 7 81 ttabel 1 99) sehingga dapat ditarik kesimpulan rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 3) Hasil pengolahan angket menunjukkan semua 90% siswa memberikan respon yang positif dan 10% siswa memberikan respon sangat positif terhadap pembelajaran timbal balik dalam STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21694

Actions (login required)

View Item View Item