Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester 1 pada materi pokok sifat koligatif larutan / Devy Setyarisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester 1 pada materi pokok sifat koligatif larutan / Devy Setyarisa

Setyarisa, Devy (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester 1 pada materi pokok sifat koligatif larutan / Devy Setyarisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyarisa Devy.2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual untuk SMA/MA Kelas XII Semester I pada Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan. Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Rahayu M.Ed. (2) Drs. Prayitno M.Pd. Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran konstruktivistik kontekstual koligatif larutan. Sumber daya manusia merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam perkembangan suatu negara. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas SDM. Salah satu aspek terpenting dalam meningkatkan kualitas SDM adalah pendidikan. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya melalui perbaikan kurikulum. Pada tahun 2006 telah diberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam KTSP pembelajaran bersifat student centered artinya siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran dan mampu mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Selain itu KTSP juga menyarankan pembelajaran yang bersifat kontekstual. Diharapkan proses pembelajaran ini dapat dilaksanakan guru dalam menyampaikan pelajaran termasuk dalam pelajaran kimia. Kimia merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas yang kurang menarik. Oleh karena itu diperlukan suatu proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan dapat mendorong siswa untuk mengaitkan materi dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kontekstual. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menerapkan pembelajaran kontekstual tersebut adalah strategi REACT yaitu Relating Experiencing Applying Cooperating dan Transfering yang pelaksanaannya diintegrasikan ke dalam model pembelajaran terpadu LCC-5E. Agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik maka diperlukan suatu perangkat pembelajaran yang lebih operasional. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk yang berupa perangkat pembelajaran kimia yang berbasis konstruktivistik dan kontekstual. Pengembangan perangkat pembelajaran ini dilakukan mengikuti model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick dan Carey. Adapun langkah-langkahnya sebagai beriku (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum (2) melakukan analisis materi pembelajaran (3) mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa (4) menuliskan pengalaman belajar (5) mengembangkan item tes berbasis kriteria (6) pemilihan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih perangkat pembelajaran (8) melaksanakan evaluasi formatif (validasi) (9) melakukan revisi dan (10) memproduksi perangkat pembelajaran. Desain validasi yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas dua bagian. Bagian pertama merupakan panduan guru (Teacher s Guide) yang berisi silabus dan sistem penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) intrumen penilaian dan buku guru. Bagian kedua adalah buku siswa (Student s Book) yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan diskusi atau kegiatan laboratorium. Berdasarkan hasil validasi dari ke empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 84 65% dengan kriteria valid/baik/layak. Oleh karena itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah. Namun untuk mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan perlu dilakukan uji lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21687

Actions (login required)

View Item View Item