Pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis komputer pada materi makromolekul untuk siswa SMA/MA kelas XII semester 2 / Rofiul Arif Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis komputer pada materi makromolekul untuk siswa SMA/MA kelas XII semester 2 / Rofiul Arif Widodo

Widodo, Rofiul Arif (2009) Pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis komputer pada materi makromolekul untuk siswa SMA/MA kelas XII semester 2 / Rofiul Arif Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widodo Rofiul Arif. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Berbasis Komputer pada Materi Makromolekul untuk Siswa SMA/MA Kelas XII Semester2. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Munzil S.Pd. M.Si. Kata Kunci kimia media pembelajaran makromolekul. Siswa sulit memahami ilmu kimia karena kimia memiliki sifat yang abstrak. Penjelasan guru yang terkadang masih melalui ceramah semakin menimbulkan siswa merasa sulit untuk belajar kimia. Berdasarkan pengalaman pengembang siswa akan lebih tertarik dengan penyampaian materi melalui suatu media pembelajaran. Salah satu materi kimia yang memiliki keabstrakan yang cukup tinggi adalah materi makromolekul. Sehingga diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menjelaskan keabstrakan dari materi tersebut. Pengembangan media pembelajaran pada materi makromolekul ini dilakukan mengikuti model rancangan Dick and Carrey. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (2) melakukan analisis materi pembelajaran (3) mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik siswa (4) menuliskan pengalaman belajar (5) mengembangkan item tes berbasis kriteria (6)mengembangkan model pembelajaran (7)mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) melakukan revisi dan (10) merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Validator penelitian ini terdiri dari seorang dosen kimia Universitas Negeri Malang dan dua orang guru kimia MAN 3 Malang sebagai validator uji kelayakan. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup. Pengumpulan data dilakukan setelah media pembelajaran yang dibuat selesai disusun. Kelayakan hasil media yang dikembangkan ditentukan dari hasil uji kelayakan. Hasil pengembangan media pembelajaran pada materi makromolekul ini adalah dalam bentuk CD pembelajaran yang terdiri dari 3 tampilan yakni cover tampilan pembuka dan tampilan utama. Pada tampilan utama terdapat 5 menu utama yakni menu pendahuluan menu polimer sintesis menu karbohidrat menu protein dan menu soal evaluasi. Dari hasil uji kelayakan yang berupa validasi konten terhadap seorang dosen kimia Universitas Negeri Malang dan dua orang guru kimia MAN 3 Malang media ini memiliki persentase kelayakan rata-rata sebesar 84 1% atau dengan kriteria layak sebagai sebuah media pembelajaran. Namun untuk mengetahui efektifitas media yang telah dikembangkan perlu di lakukan uji lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21686

Actions (login required)

View Item View Item