Analisis keterlaksanaan pembelajaran kimia yang sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMA Negeri se Kota Kediri tahun ajaran 2007-2008 / Titik Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterlaksanaan pembelajaran kimia yang sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMA Negeri se Kota Kediri tahun ajaran 2007-2008 / Titik Puji Lestari

Lestari, Titik Puji (2010) Analisis keterlaksanaan pembelajaran kimia yang sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMA Negeri se Kota Kediri tahun ajaran 2007-2008 / Titik Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puji Lestari Titik. 2009. Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Kimia yang Sesuai dengan Kurikukulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMA Negeri se Kota Kediri Tahun Ajaran 2007-2008. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (2) Herunata S.Pd. M.Pd. Kata kunci analisis keterlaksanaan pembelajaran kimia kurikulum tingkat satuan pendidikan. Pendidikan diarahkan untuk mencapai perkembangan peserta didik secara optimal dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional sehingga diperlukan komponen pokok yaitu program kurikulum yang baik. Mutu pendidikan di Indonesia menentukan kualitas intelektual generasi muda Indonesia. Mutu pendidikan Indonesia diinterpretasikan melalui penyempurnaan kurikulum dari tahun ke tahun yang ditetapkan oleh pemerintah. KTSP merupakan penyempurnaan KBK yang disahkan pada tahun 2006 dan mulai diterapkan pada tahun ajaran 2006-2007. Pada tahun ajaran 2008-2009 KTSP telah dilaksanakan di semua SMA se Kota Kediri.Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran kimia di SMAN se Kota Kediri tahun ajaran 2007-2008 yang sesuai dengan KTSP maka dilakukan penelitian ini. Keterlaksanaan pembelajaran kimia ini ditinjau dari segi persiapan pelaksanaan pembelajaran keterlaksanaan pembelajaran kimia dan asesmen pembelajaran kimia. Subyek penelitian ini adalah guru bidang studi kimia kelas X SMA Negeri se-Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen telah divalidasi isinya oleh dosen pembimbing I dan II dua dosen lain dan dua guru SMA dengan tingkat validasi 98%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara bebas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan persentase jawaban responden dan pemberian rangking pada tiap variabelnya. Analisis data dilakukan dengan mendiskripsikan dan menyimpulkan sehingga di peroleh informasi tentang keterlaksanaan pembelajaran kimia di SMAN se Kota Kediri tahun ajaran 2007-2008. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan perencanaan pembelajaran kimia yang sesuai KTSP yang dilakukan oleh guru kimia kelas X SMA Negeri se-Kota Kediri terkait dengan perencanaan pembelajaran silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah sangat terencana sehingga dapat menunjang keterlaksanaan pembelajaran kimia yang sesuai dengan tuntutan KTSP yaitu dengan persentase 85 65 %. Pelaksanaan pembelajaran kimia yang sesuai dengan KTSP yang dilakukan oleh guru kimia kelas X SMA Negeri se-Kota Kediri terkait dengan pelaksanaan pembelajaran sumber belajar proses pembelajaran adalah baik sehingga dapat menunjang keterlaksanaan pembelajaran kimia yang sesuai dengan tuntutan KTSP yaitu dengan persentase 76 07 %. Asesmen pembelajaran kimia yang sesuai dengan tuntutan KTSP yang dilakukan oleh guru kimia kelas X SMA Negeri se-Kota Kediri terkait dengan penilaian perangkat tes dan pelaksanaan penilaian adalah baik sehingga telah sesuai dengan tuntutan KTSP dengan persentase 79 88%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21684

Actions (login required)

View Item View Item