Efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X semester I/2008-2009 MAN Malang 3 pada materi ikatan kimia / Nina Ika Restiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X semester I/2008-2009 MAN Malang 3 pada materi ikatan kimia / Nina Ika Restiani

Restiani, Nina Ika (2009) Efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X semester I/2008-2009 MAN Malang 3 pada materi ikatan kimia / Nina Ika Restiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Restiani Nina Ika. 2009. Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X SemesterI/2008-2009 MAN 3 Malang pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi Program Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dermawan Affandy M.Pd. (II) Drs. Soebagio. Kata kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Efektifitas Proses dan Prestasi Belajar Ikatan Kimia Materi ikatan kimia merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa MAN Malang 3 sehingga prestasi belajar kimia siswa MAN Malang 3 untuk sub bab ikatan kovalen kurang memuaskan. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa antara lain dengan menggunakan variasi metode pembelajaran konstruktivisme. Salah satu metode pembelajaran konstruktivisme yaitu metode pembelajaran kooperatif model jigsaw. Apakah metode kooperatif jigsaw efektif dan bagaimana aktivitas serta sikap siswa terhadap metode tersebut adalah permasalahan dalam penelitian ini. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode tersebut. Selain itu penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran serta sikap siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan observasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah penarikan sampel acak berkelompok (cluster random sampling). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-A sebagai kelompok kontrol dan kelas X-E sebagai kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diajar dengan metode ceramah sedangkan kelompok eksperimen diajar dengan metode kooperatif model jigsaw. Dalam penelitian ini dikemukakan hipotesis bahwa metode pembelajaran kooperatif model jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah. Data penelitian ini berupa a) data kemampuan awal b) data hasil belajar c) data aktivitas siswa dan d) data sikap siswa. Data tersebut dijaring melalui instrumen tes lembar observasi dan angket. Data diolah dengan uji t kesamaan rata-rata dan persentase. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif model jigsaw lebih efektif dari pada metode pembelajaran ceramah karena t hitung t tabel yaitu 2 578 1 996. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif menunjukkan peningkatan yang positif dari awal hingga akhir pembelajaran. Rata-rata persentase kelima unsur dasar pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut a) Saling ketergantungan positif 94 7% b) Interaksi langsung antar siswa 90 9% c) Pertanggungjawaban individu 90 9% d) Ketrampilan berinteraksi antar individu dan kelompok 90 9% dan e) Keefektifan proses kelompok 94 7%. Dari penyebaran angket tentang sikap siswa terhadap pembelajaran kooperatif diketahui bahwa dari 33 siswa 22 siswa (66 7%) bersikap positif dan 11 siswa (33 3%) bersikap sangat positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21682

Actions (login required)

View Item View Item