Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben tahun ajaran 2007/2008 dalam memahami perhitungan latutan asam basa / Erna Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben tahun ajaran 2007/2008 dalam memahami perhitungan latutan asam basa / Erna Fitriani

Fitriani, Erna (2009) Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben tahun ajaran 2007/2008 dalam memahami perhitungan latutan asam basa / Erna Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia merupakan salah satu pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa tingkat SMA/MA. Kesulitan dapat diartikan sebagai kondisi dalam proses belajar yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Salah satu indikator adanya kesulitan belajar siswa adalah rendahnya prestasi belajar yang diperoleh. Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) perhitungan larutan asam basa merupakan salah satu materi yang diajarkan di kelas XI semester 2 dan termasuk materi yang dianggap sulit berdasarkan wawancara langsung dengan guru kimia dan siswa. Materi perhitungan larutan asam basa membutuhkan kemampuan berpikir matematika yang diperlukan untuk mempelajari konsep-konsep asam basa lebih lanjut. Oleh karena itu diperlukan kajian tentang materi tersebut untuk mencari alternatif pemecahannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben dalam memahami perhitungan larutan asam basa. Penelitian merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben tahun ajaran 2007/2008 yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI-IPA1 sampai dengan kelas XI-IPA3. Sampel penelitian diambil dengan cara teknik sampling random kelompok yaitu dengan mengundi secara kelompok dan didapat 1 kelas yaitu kelas XI-IPA2 sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam memahami perhitungan larutan asam basa berupa tes berbentuk pilihan ganda. Hasil uji coba instrumen dari 30 soal yang diujicobakan diperoleh 25 soal yang valid dan digunakan untuk mengambil data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menentukan besarnya persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam perhitungan larutan asam basa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep perhitungan larutan asam basa dengan persentase untuk larutan asam kuat sebesar 67 5% larutan basa kuat sebesar 47 5% larutan asam lemah sebesar 75% larutan basa lemah sebesar 52 5% 42 5% 75% netralisasi larutan asam kuat dan basa kuat sebesar 42 5% (2) pada materi perhitungan larutan asam basa letak kesulitan siswa dengan persentase kesalahan lebih besar dari 40% yaitu pada (a) penentuan massa asam kuat untuk perhitungan larutan asam kuat 67 5% (b) penentuan pH larutan setelah pengenceran untuk perhitungan larutan basa kuat 47 5% (c) penentuan pH larutan bila diketahui Ka dan M untuk perhitungan larutan asam lemah 75% (d) penentuan pH larutan bila diketahui 945 52 5% penentuan pH larutan bila diketahui 945 dan Kb 42 5% serta penentuan pH larutan setelah pengenceran untuk perhitungan larutan basa lemah 75% (5) penentuan pH larutan setelah terjadi reaksi sempurna untuk perhitungan netralisasi asam kuat dengan basa kuat 42 5%. Berdasarkan hasil penelitian maka guru disarankan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perhitungan larutan asam basa dengan menggunakan metode praktikum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21680

Actions (login required)

View Item View Item