Pengembangan paket pelatihan menulis ekspresif sebagai media katarsis kecemasan siswa introvert di SMA / Hikmah Ilmiyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pelatihan menulis ekspresif sebagai media katarsis kecemasan siswa introvert di SMA / Hikmah Ilmiyana

Ilmiyana, Hikmah (2015) Pengembangan paket pelatihan menulis ekspresif sebagai media katarsis kecemasan siswa introvert di SMA / Hikmah Ilmiyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilmiyana Hikmah. 2015 Pengembangan Paket Pelatihan Menulis Ekspresif Sebagai Media Katarsis Kecemasan Siswa Introvert Di SMA.Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Adi Atmoko M.Si. (II) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd. Kata kunci Paket Pelatihan Menulis Ekspresif Katarsis Kecemasan Introvert Berdasarkan hasil survey awal lapangan di SMAN 1 Pasuruan diketahui beberapa siswa memiliki tingkat kecemasan tinggi dan cenderung bersikap introvert hubungan siswa dengan konselor sekolah juga kurang baik.Fenomena yang sama ditemukan di SMA Brawijaya Smart School.Kemudian dilakukan pengukuran tingkat kecemasan dan kecenderungan sikap introvert terhadap siswa kelas XI secara acak kepada 70 siswa di SMAN 1 Pasuruan. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan angket skala kecemasan dan angket skala introvert dari pengukuran tersebut terbukti beberapa siswa memiliki tingkat kecemasan tinggi dan cenderung introvert.Dari beberapa penelitian sebelumnya telah terbukti bahwasannya menulis ekpresif dapat mengurangi tingkat kecemasan seseorang menulis ekspresif merupakan salah satu bentuk terapi menulis sebagai upaya pemindahan perasaan atau emosi dalam bentuk tulisan bebas tanpa aturan.Berkaitan dengan itu maka diperlukan sebuah media untuk mengurangi tingkat kecemsan siswa salah satunya dengan paket pelatihan menulis ekspresif. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan produk paket pelatihan menulis ekspresifyang berterima secara teori dan praktis.Model penelitian yang digunakan mengadaptasi dari Borg and Gall. Langkah-langkahnya yaitu 1) Melakukan penelitian pendahuluan 2) Melakukan perencanaan 3) Mengembangkan prototype produk awal 4) Melakukan uji coba lapangan tahap awal 5) Melakukan revisi terhadap produk 6) Melakukan uji coba kelompok kecil 7) Melakukan revisi terhadap produk operasional 8) Melakukan uji lapangan operasional 9) Melakukan revisi terhadap produk akhir 10) Menyusun produk akhir paket pelatihan menulis ekspresif sebagai media katarsis kecemasan siswa introvert di SMA.Produk yang dihasilkan tersebut telah melalui uji ahli materi BK uji ahli media uji ahli bahasa dan uji calon pengguna produk.Hasil penilaian ahli dan calon tersebut menyatakan produk sudah memenuhi kriteria kelayakan ketepatan kegunaan kemenarikan dan kemudahan.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif.. Selanjutnya uji efektifitas produk melalui uji lapangan dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design.Hasil pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon dan hasilnya analisis skala kecemasan dapat diketahui nilai Z hitung lebih lebih kecil dari pada Z tabel (-2 533

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item