Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas X dalam memahami konsep reaksi redoks di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar tahun ajaran 2007/2008 / Chyntia Fristika Kumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas X dalam memahami konsep reaksi redoks di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar tahun ajaran 2007/2008 / Chyntia Fristika Kumalasari

Kumalasari, Chyntia Fristika (2009) Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas X dalam memahami konsep reaksi redoks di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar tahun ajaran 2007/2008 / Chyntia Fristika Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia pada hakekatnya mempelajari tentang komposisi dan struktur materi sifat materi perubahan materi dan energi yang menyertai perubahan materi. Konsep ilmu kimia pada umumnya merupakan konsep yang berjenjang berkembang dari konsep sederhana ke arah konsep yang lebih kompleks. Sebagai contoh adalah konsep reaksi redoks yang dibangun oleh konsep bilangan oksidasi reaksi reduksi-oksidasi reduktor-oksidator dan identifikasi reaksi. Kesulitan dalam memahami konsep yang sederhana akan mengalami kesulitan dalam memahami konsep yang lebih kompleks. Kesulitan dapat diartikan sebagai kondisi dalam proses yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persentase dan letak kesulitan yang dialami siswa pada soal materi redoks yang diberikan sesuai dengan aspek yang telah ditentukan. Penelitian termasuk penelitian deskriptif dimana peneliti hanya melakukan survei terhadap pemahaman siswa tentang materi redoks. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Kesamben yang berjumlah enam kelas. Sampel penelitian diambil secara random yaitu dengan mengundi secara kelompok dan didapat 2 kelas yaitu kelas X-D dan X-F. Instrumen yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam memahami konsep reaksi redoks berupa tes berbentuk pilihan ganda. Hasil uji coba instrumen dari 30 soal yang diujicobakan diperoleh 25 soal yang digunakan untuk mengambil data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menentukan besarnya persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep reaksi redoks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri I Kesamben masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep reaksi redoks dengan persentase rata-rata untuk (1) reaksi redoks (33 32%) (2) bilangan oksidasi (41 41%) (3) oksidator dan reduktor(42 32%) dan (4) identifikasi reaksi (54 83%). Letak kesulitan siswa dalam memahami materi redoks dengan persentase kesalahan lebih besar dari 40% yaitu pada (a) konsep reaksi redoks berdasakan konsep pengikatan dan pelepasan oksigen (b) definisi bilangan oksidasi (c) pengertian oksidator reduktor berdasarkan konsep pengikatan dan pelepasan oksigen (d) pengertian oksidator reduktor berdasarkan konsep transfer elektron (e) pengertian oksidator reduktor berdasarkan konsep perubahan bilangan oksidasi (f) identifikasi reaksi redoks. Berdasarkan hasil penelitian maka guru disarankan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks dengan cara memilih pendekatan atau metode mengajar yang tepat sehingga faktor-faktor yang menyebabkan timbilnya kesulitan dapat dikurangi semaksimal mungkin dan memberikan soal-soal yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

View Item View Item