Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement division) berbantuan media pembelajaran berbasis komputer pada materi sistem periodik unsur (SPU) untuk meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Shalahuddin Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement division) berbantuan media pembelajaran berbasis komputer pada materi sistem periodik unsur (SPU) untuk meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Shalahuddin Malang

Aryanti, Febi Yuli (2009) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement division) berbantuan media pembelajaran berbasis komputer pada materi sistem periodik unsur (SPU) untuk meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Shalahuddin Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beberapa penelitian tentang penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) yang dilakukan oleh Merfanti (2008) Ufafa (2005) Endrawati (2006) dan Tonih (2004) menunjukkan hasil yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar pemahaman motivasi belajar dan aktivitas siswa. Selain itu pula beberapa penelitian tentang penerapan media pembelajaran berbasis komputer oleh oleh Tantriana (2006) Hadi (2005) dan Silalahi (2006) diperoleh bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkan hasil-hasil tersebut peneliti merasa perlu untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif model STAD berbantuan media pembelajaran berbasis komputer yang diharapkan akan mampu untuk memotivasi dan menarik perhatian serta minat siswa sehingga akan membantu meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Eksperimental Design) dan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Shalahuddin Malang semeseter 1 tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari dua kelas. Pada kelas eksperimen diterapkan metode pembelajaran kooperatif model STAD berbantuan media pembelajaran berbasis komputer sedangkan pada kelas kontrol diterapkan metode pembelajaran pembelajaran kooperatif model STAD tanpa media. Perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD berbantuan media pembelajaran berbasis komputer dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD tanpa media dianalisis berdasarkan statistik uji-t satu pihak. Kualitas proses pembelajaran kooperatif model STAD self efficacy siswa terhadap komputer dan minat siswa terhadap proses belajar-mengajar menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas proses pembelajaran kooperatif model STAD pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol baik keaktifan siswa aktivitas kelompok dalam pembelajaran kooperatif dan penghargaan kelompok. Prestasi belajar siswa kelas X yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD berbantuan media pembelajaran berbasis komputer lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD tanpa media yaitu dengan x 773 eksperimen 52 48 dan x 773 kontrol 37 95. Self efficacy siswa terhadap komputer tinggi. Siswa sangat berminat terhadap proses belajar-mengajar menggunakan media pembelajaran berbasis komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21677

Actions (login required)

View Item View Item