Studi tentang kualitas proses dan hasil belajar ikatan kimia dengan model pembelajaran kooperatif stad di kelas X MAN 3 Malang / Lila Ana Wirani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kualitas proses dan hasil belajar ikatan kimia dengan model pembelajaran kooperatif stad di kelas X MAN 3 Malang / Lila Ana Wirani

Wirani, Lila Ana (2009) Studi tentang kualitas proses dan hasil belajar ikatan kimia dengan model pembelajaran kooperatif stad di kelas X MAN 3 Malang / Lila Ana Wirani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anawirani Lila. 2009. Studi Tentang Kualitas Proses dan Hasil BelajarKimia dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD di Kelas X MAN 3Malang. Skripsi Program Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dermawan Affandy M.Pd. (II) Herunata S.Pd. M.Pd. Kata kunci model pembelajaran kooperatif STAD kualitas proses dan hasil belajar ikatan kimia Pendidikan saat ini dihadapkan pada tuntutan yang semakin meningkat baik ragam lebih-lebih kualitasnya termasuk pendidikan pada MAN 3 Malang. Oleh sebab itu pemerintah berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan jalan menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dengan diterapkannya KTSP maka dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk menggunakan model pembelajaran berbasis kompetensi. Model pembelajaran yang banyak dikembangkan adalah model pembelajaran yang berlandaskan konstruktivisme. Salah satunya adalah pembelajaran kooperatif STAD. Pembelajaran ini menekankan aspek pengelolaan kelas terpusat pada siswa artinya lebih mengutamakan peran siswa dalam pemerolehan konsep dan pengalaman langsung untuk mengembangkan potensi siswa melalui keterampilan-keterampilan kooperatif siswa. Dengan pembelajaran ini diharapkan kegiatan pembelajaran kelas menjadi lebih kondusif. Melihat kondisi siswa MAN 3 Malang ketika proses pembelajaran dilaksanakan diketahui bahwa keterampilan kooperatif yang dimiliki siswa belum optimal. Untuk itu perlu satu upaya untuk meningkatkan keterampilan kooperatif siswa. Oleh karena itu model pembelajaran STAD diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah dalam pembelajaran kimia di MAN 3 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar ikatan kimia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol diajar dengan metode konvensional sedangkan kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran kooperatif STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 3 Malang tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas X-B dan kelas X-C. Pemilihan sampel berdasarkan nilai rata-rata kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu (1) Instrumen evaluasi untuk mengukur kualitas hasil belajar dan (2) Instrumen evaluasi untuk mengukur kualitas proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan STAD yang dominan adalah berlatih melakukan keterampilan kooperatif (2) Keterampilan kooperatif siswa dalam pembelajaran dengan STAD yang dominan adalah mengambil giliran dan berbagi tugas (3) Siswa menyatakan senang dan baru terhadap model pembelajaran (4) Model pembelajaran kooperatif STAD memiliki kualitas hasil belajar yang lebih baik (76 47% siswa telah tuntas belajarnya) dibandingkan dengan pembelajaran ceramah (33 82% siswa telah tuntas belajarnya).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21675

Actions (login required)

View Item View Item