Studi kesulitan belajar dan pemahaman konsep struktur atom pada siswa SMA Negeri 8 Malang / Nurul Umaida - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kesulitan belajar dan pemahaman konsep struktur atom pada siswa SMA Negeri 8 Malang / Nurul Umaida

Umaida, Nurul (2010) Studi kesulitan belajar dan pemahaman konsep struktur atom pada siswa SMA Negeri 8 Malang / Nurul Umaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umaida Nurul. 2009. Studi Kesulitan Belajar dan Pemahaman Konsep Struktur Atom pada Siswa SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ida Bagus Suryadharma M. S. (2) Drs. Supardjito Kata kunci Kesulitan Belajar Pemahaman Konsep Struktur Atom SMAN 8 Malang Konsep dalam ilmu kimia umumnya bersifat kompleks dan abstrak. Konsep yang bersifat abstrak cenderung berpotensi menyebabkan kesulitan belajar dan pemahaman konsep yang salah pada siswa. Struktur atom merupakan konsep yang sukar karena mengandung konsep-konsep abstrak yang sulit dipahami oleh sebagian besar siswa. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep struktur atom. Konsep yang dimiliki siswa di kelas X XI dan XII selalu mengalami perkembangan. Semakin tinggi jenjang pendidikan siswa maka semakin luas pula pengetahuan yang dimilikinya. Namun kemungkinan terjadinya kesalahan konsep juga besar. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang pemahaman siswa terhadap konsep kimia yang bersifat abstrak salah satunya adalah konsep struktur atom. Adapun tujuan penelitian adalah (1) mengetahui pada konsep apa saja dalam materi struktur atom siswa mengalami kesulitan (2) mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari struktur atom dan (3) mengidentifikasi tingkat kesulitan siswa dalam mempelajari struktur atom. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI Ilmu Alam di SMA Negeri 8 Malang yang secara keseluruhan mempunyai kemampuan yang sama (homogen). Kelas yang bersifat homogen ditunjukkan oleh nilai rata-rata kimia yang relatif sama. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak terbatas melalui undian kelas. Dari hasil undian pada masing-masing kelas (jenjang) diperoleh kelas X-4 dan kelas XI.A-4 yang masing-masing terdiri dari 39 dan 38 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes objektif sebanyak 25 butir soal dengan 5 alternatif jawaban yang diperkuat dengan alasan jawaban. Dari hasil analisis 25 butir soal yang telah valid diperoleh reliabilitas instrumen sebesar 0.595. Untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mempelajari struktur atom ditentukan dengan menghitung persentase kesalahan seluruh siswa pada setiap butir soal yang kemudian dikualifikasikan ke dalam 5 kategori tingkat kesulitan yaitu sangat kecil kecil cukup besar besar dan sangat besar. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa tingkat kesulitan paling besar yang dialami siswa dalam memahami pokok bahasan struktur atom pada Subkonsep Perkembangan Teori Atom meliputi (a) penentuan eksperimen yang mendukung teori atom Thomson (87.2% di kelas X dan 84.2% di kelas XI) (b) penentuan konsep yang mendasari teori atom Modern (89.5% di kelas XI) dan (c) penentuan pengertian orbital atom (61.5% di kelas X dan 71.1% di kelas XI). Pada Subkonsep Partikel Dasar Penyusun Atom meliputi (a) penentuan sifat-sifat elektron (84.6% di kelas X dan 86.8% di kelas XI) (b) penentuan eksperimen yang mendasari ditemukanya proton (74.4% di kelas X dan 84.2% di kelas XI) (c) penentuan definisi nomor massa (74.4% di kelas X dan 76.3% di kelas XI) (d) menghitung massa rata-rata dari isotop-isotop suatu unsur sebesar 84.6% di kelas X dan (e) penentuan kelimpahan isotop berdasarkan massa atom relatif (84.6% di kelas X). Sedangkan pada Subkonsep Konfigurasi Elektron meliputi (a) penentuan konfigurasi elektron dari ion negatif (87.2% di kelas X) dan (b) penentuan definisi elektron valensi (64.1% di kelas X dan 84.2% di kelas XI). Dari hasil penelitian tyang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak berupa definisi ciri-ciri dan kesulitan dalam soal hitungan. Selain itu beberapa siswa juga mengalami kesalahan konsep tentang teori atom dan definisi elektron.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21674

Actions (login required)

View Item View Item