Survei mengenai pelaksanakan aspek-aspek penilaian proses dan hasil belajar berdasarkan KTSP yang dilakukan guru-guru kimia di SMAN se-kota Malang tahun pelajaran 2007-2008 / Supratman - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei mengenai pelaksanakan aspek-aspek penilaian proses dan hasil belajar berdasarkan KTSP yang dilakukan guru-guru kimia di SMAN se-kota Malang tahun pelajaran 2007-2008 / Supratman

Supratman (2009) Survei mengenai pelaksanakan aspek-aspek penilaian proses dan hasil belajar berdasarkan KTSP yang dilakukan guru-guru kimia di SMAN se-kota Malang tahun pelajaran 2007-2008 / Supratman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya pemerintah khususnya Depdiknas untuk memperbaiki sistem pendidikan nasional salah satunya adalah dengan menyempurnakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). SKL merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan sikap dan keterampilan. Fungsi SKL adalah sebagai pedoman penilaian yang berarti KTSP menghendaki sistem penilaian yang mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Penilaian tidak hanya dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar siswa tetapi juga untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian lingkup penilaian mencakup dua sasaran pokok yaitu proses pembelajaran dan hasil-hasil belajar. Untuk mengetahui apakah guru kimia kelas X SMAN se-Kota Malang telah melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini terkait dengan 3 hal yaitu pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru kimia dalam menilai proses dan hasil belajar kimia dan usaha-usaha yang dilakukan guru kimia dalam mengatasi kesulitan-kesulitan penilaian proses dan hasil belajar kimia. Subyek penelitian ini adalah guru kimia kelas X SMAN se-Kota Malang tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan wawancara bebas. Validasi angket yang digunakan adalah validasi isi yang dipandang dari segi alat ukur. Hasil validasi angket mencapai tingkat validasi 95%. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan perhitungan persentase jawaban responden dan pemberian rangking pada tiap sub variabelnya. Hasil analisis data dideskripsikan dan disimpulkan sehingga diperoleh informasi mengenai pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar berdasarkan KTSP yang dilakukan guru-guru kimia di SMAN se-Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian proses dan hasil belajar yang dilakukan guru kimia kelas X di SMAN se-Kota Malang tahun pelajaran 2007/2008 sudah mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotorik dan presentasi keterlaksanaan adalah 87 79% dengan kualifikasi sangat baik. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru kimia kelas X dalam menilai proses dan hasil belajar kimia sebagian besar terdapat pada pembuatan instrumen penilaian dan mengamati kemampuan siswa. Hal ini terjadi karena kurangnya penguasaan terhadap penilaian dan jumlah siswa yang terlalu banyak sehingga penilaiannya tidak maksimal. Usaha-usaha yang dilakukan guru kimia kelas X dalam mengatasi kesulitan-kesulitan penilaian proses dan hasil belajar kimia diantaranya dengan mengikuti MGMP bertanya kepada yang lebih senior membaca pedoman penilaian KTSP mengikuti seminar KTSP dan membaca artikel mengenai penilaian berdasarkan KTSP. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan aspek-aspek penilaian proses dan hasil belajar berdasarkan KTSP yang dilakukan guru-guru kimia di SMAN se-Kota Malang adalah sangat baik ini dilihat dari hasil pelaksanaan penilaian yang sangat baik walaupun terdapat kesulitan-kesulitan dalam pelaksanaannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21673

Actions (login required)

View Item View Item