Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivitivistik dan konstektual untuk SMA/MA kelas XII semester I pada materi pokok unsur-unsur transisi / Dewi Lailiyatul Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivitivistik dan konstektual untuk SMA/MA kelas XII semester I pada materi pokok unsur-unsur transisi / Dewi Lailiyatul Hikmah

Hikmah, Dewi Lailiyatul (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivitivistik dan konstektual untuk SMA/MA kelas XII semester I pada materi pokok unsur-unsur transisi / Dewi Lailiyatul Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manuasianya agar mampu menghadapi persaingan global yang semakin tajam. Pendidikan yang bermutu merupakan faktor penting agar tujuan tersebut tercapainya. Berbagai upaya telah dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah pembaharuan kurikulum. Pada tahun 2006 pemerintah telah memberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam KTSP diharapkan siswa dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri agar pengetahuan yang diperoleh dapat lebih bermakna dan dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu KTSP juga menyarankan pembelajaran yang mampu mengaitkan antara kehidupan nyata siswa dengan materi yang dipelajarinya. Oleh karena itu pembelajaran yang disarankan KTSP adalah pembelajaran yang konstruktivistik dan kontekstual. Pengembangan kurikulum di tingkat satuan pendidikan SMA/MA mencakup semua mata pelajaran dan kimia termasuk didalamnya. Ilmu kimia dianggap mata pelajaran yang sulit karena proses pembelajaran tidak menarik sehingga siswa tidak serius/minat dalam mengikuti proses belajar mengajar kimia. Hal ini menyebabkan siswa cenderung mengalami kesulitan dalam mengkonstruksi pengetahuan secara tepat. Berdasarkan alasan di atas untuk meningkatkan minat siswa maka diperlukannya suatu konsep pembelajaran yang mampu mengaitkan antara materi pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa. Melalui pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kontekstual siswa dapat membangun pengetahuan sendiri berdasarkan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran yang dianggap sesuai untuk diimplementasikan di dalam kelas adalah model pembelajaran LCC-5E dengan strategi REACT (yaitu Relating Experiencing Applying Cooperating dan Transfering) yang dituangkan dalam komponen/unsur dalam bahan ajar/buku siswa. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu perangkat pembelajaran yang lebih operasional. Hal ini dimaksudkan untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk yang berupa perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas dua bagian bagian pertama berupa panduan guru (teacher s guide) yang berisi silabus dan sistem penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) instrumen penelitian dan buku guru. Sedangkan bagian kedua berupa buku siswa yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan diskusi atau kegiatan laboratorium. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kondisi lapangan kemudian dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran dan langkah selanjutnya dilakukan validasi. Pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick dan Carey. Langkah-langkah model pengembangan Dick dan Carey yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum melakukan analisis materi pembelajaran mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa menuliskan pengalaman belajar mengembangkan item tes berbasis kriteria pemilihan strategi pembelajaran mengembangkan dan memilih perangkat pembelajaran melaksanakan evaluasi formatif (validasi isi) melakukan revisi dan memproduksi perangkat pembelajaran. Langkah selanjutnya dilakukan validasi. Sedangkan Desain validasi penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Berdasarkan hasil validasi dari ke empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 90 68% dengan kriteria valid/baik/layak. Oleh karena itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21671

Actions (login required)

View Item View Item