Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivitas dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester 2 pada materi pokok polimer dan komponen biokimia / M. Muchson - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivitas dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester 2 pada materi pokok polimer dan komponen biokimia / M. Muchson

Muchson, M. (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivitas dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester 2 pada materi pokok polimer dan komponen biokimia / M. Muchson. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Muchson M. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas XII Semester2 Pada Materi Pokok Polimer dan Komponen Biokimia. Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra.Sri Rahayu M. Ed. (2) Drs.Prayitno M. Pd. Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran konstruktivistik kontekstual LCC-5E REACT polimer komponen biokimia. Pengesahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada tahun 2006 merupakan salah satu wujud pembaruan sistem pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah di dalam rangka menunjang upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). KTSP adalah kurikulum operasional yang harus dikembangkan oleh masing-masing satuan pendidikan di tingkat dasar dan menengah baik SD/MI SMP/MTs maupun SMA/MA. Esensi dari KTSP adalah pemberian kewenangan kepada guru termasuk guru kimia untuk mengembangkan indikator pembelajarannya secara otonom berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Siswa cenderung menganggap kimia sebagai salah satu pelajaran yang sulit karena selama ini kimia seringkali disajikan dalam bentuk pembelajaran yang kurang menarik. Untuk mengatasi hal ini pemerintah melalui KTSP telah menyarankan bentuk pembelajaran yang berbasis konstruktivistik dan kontekstual. Konstruktivistik merupakan bentuk pembelajaran berpusat pada siswa (Student Centered Learning) yang mengutamakan keterlibatan siswa secara aktif di dalam proses pembelajaran untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri. Secara fisik pembelajaran konstruktivistik dapat diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran terpadu learning cycle-cooperatif 5E (LCC 5E). Kontekstual merupakan bentuk pembelajaran yang mampu mengkondisikan siswa untuk dapat membuat kaitan antara materi yang dipelajari di dalam kelas dengan penerapannya di dalam kehidupan nyata. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam menerapkan pembelajaran kontekstual adalah strategi REACT yaitu Relating Experiencing Applying Cooperating dan Transfering. Secara operasional strategi REACT dapat dintegrasikan ke dalam model pembelajaran terpadu LCC 5E. Untuk dapat merealisasikan pembelajaran yang berbasis konstruktivistik dan kontekstual sebagimana diamanatkan oleh KTSP maka diperlukan sekali suatu perangkat pembelajaran yang lebih operasional dan dapat diterapkan secara fisik di dalam kelas. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk yang berupa perangkat pembelajaran kimia yang berbasis konstruktivistik dan kontekstual. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbatas pada materi pokok Polimer dan Komponen Biokimia karena topik ini belum pernah dikembangkan sebelumnya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas dua bagian utama. Bagian pertama merupakan Panduan Guru (Teacher s Guide) yang terdiri atas Silabus dan Sistim Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Instrumen penilaian serta Buku Guru (Teacher s Book). Bagian kedua adalah Buku Siswa (Student s Book) yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan diskusi atau kegiatan laboratorium. Metode yang digunakan di ii dalam penelitian ini adalah survei kondisi lapangan kemudian dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran. Langkah selanjutnya dilakukan validasi sedangkan pengembangan produknya berdasarkan model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick dan Carey. Desain validasi penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perhitungan persentase skor item kuesioner. Berdasarkan hasil validasi dari ke empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 82 80% dengan kriteria valid/baik/layak. Oleh karena itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah. Namun untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan perlu dilakukan uji lapangan. Perangkat pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kontekstual juga perlu dikembangkan untuk topik yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21670

Actions (login required)

View Item View Item