Keefektifan latihan asertivitas untuk meningkatkan keberanian siswa korban bullying di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nur Fatmi Alisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan latihan asertivitas untuk meningkatkan keberanian siswa korban bullying di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nur Fatmi Alisa

Alisa, Nur Fatmi (2015) Keefektifan latihan asertivitas untuk meningkatkan keberanian siswa korban bullying di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nur Fatmi Alisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alisa N.F. 2015. Keefektifan Latihan Asertivitas untuk Meningkatkan Keberanian Siswa Korban Bullying di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. (II) Dr. H. M. Ramli M.A. Kata Kunci latihan asertivitas keberanian siswa korban bullying. Kekerasan sering terjadi di lingkungan remaja. Kekerasan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu yang ditujukan pada orang yang tidak berdaya disebut dengan bullying. Bullying terdiri dari tiga jenis yaitu bullying secara fisik psikologis dan verbal. Bullying bisa diartikan sebagai agresi karena sama-sama perilaku kekerasan yang bersifat fisik psikologis dan verbal. Salah satu teknik konseling yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan keberanian siswa korban bullying yaitu konseling behavioral dengan teknik latihan asertivitas. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan latihan asertivitas untuk meningkatkan keberanian siswa korban bullying di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan desain interupted time series. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang sebanyak 8 siswa yang memiliki keberanian tergolong rendah dari hasil skor pretest I . Observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum perlakuan yang disebut pretest I pretest II pretest III dan sesudah perlakuan yang disebut posttest I posttest II posttest III. Hasil pretest dan posttest dilihat dari peningkatan skor pada skala keberanian korban bullying. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah statistik nonparametrik melalui uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik latihan asertivitas efektif untuk meningkatkan keberanian siswa korban bullying di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Hal ini ditunjukkan oleh nilai beda sebesar (Z - 12310 2.524 12311 a) dengan nilai signifikansi 0.012 dan antara skor pretest I pretest II dan pretest III dan skor posttest I posttest II posttest III terjadi perbedaan skor. Nilai probabilty eror kurang dari 0.05 (p 0.012

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item