Identifikasi pemahaman konsep siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Malang tentang hasil reaksi asam dan basa / Onasis Meyta Purbawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konsep siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Malang tentang hasil reaksi asam dan basa / Onasis Meyta Purbawati

Purbawati, Onasis Meyta (2009) Identifikasi pemahaman konsep siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Malang tentang hasil reaksi asam dan basa / Onasis Meyta Purbawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Meyta Purbawati Onasis.2009. Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 4 Malang tentang Hasil Reaksi Asam dan Basa. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Effendy PhD (II) Herunata SPd MPd. Kata kunci Pemahaman konsep hasil reaksi asam dan basa. Konsep asam-basa bersifat abstrak karena melibatkan pembentukan ikatan pemutusan ikatan transfer proton dan donor pasangan elektron bebas. Untuk memahami konsep asam-basa siswa harus mampu berfikir secara formal. Beberapa buku pelajaran kimia kelas XII SMA yang digunakan di SMA menyatakan bahwa reaksi asam-basa merupakan reaksi penetralan yang menghasilkan garam dan air. Pernyataan ini benar bila dikaitkan dengan konsep asam-basa Arrhenius namun tidak selalu benar bila dikaitkan dengan konsep asam-basa Bronsted-Lowry dan konsep asam-basa Lewis. Pemberian konsep ini sebelum konsep asam-basa Bronsted-Lowry dan konsep asam-basa Lewis dapat menimbulkan anggapan bahwa reaksi antara asam dan basa akan selalu menghasilkan garam. Pemahaman salah pada siswa yang berlangsung secara konsisten akan menyebab siswa mengalami kesalahan konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa SMA kelas XII IPA dalam mengidentifikasi asam-basa reaksi asam-basa hasil reaksi asam-basa serta persentase siswa yang menganggap reaksi asam-basa Bronsted-Lowry dan reaksi asam-basa Lewis selalu menghasilkan garam. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Malang. Sampel penelitian adalah 41 siswa kelas XII IPA-1 dan 41 siswa kelas XII IPA-2. Instrumen penelitian berupa tes tulis dengan validitas isi sebesar 94 1% dan reliabilitas yang dihitung dengan menggunakan persamaan KR-20 adalah sebesar 0 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman siswa dalam mengidentifikasi asam-basa menurut konsep asam-basa Arrhenius Bronsted-Lowry dan Lewis termasuk dalam kategori sangat tinggi (2) pemahaman siswa dalam mengidentifikasi reaksi asam-basa Arrhenius Bronsted-Lowry dan lewis termasuk dalam kategori sangat tinggi (3) pemahaman siswa dalam mengidentifikasi hasil reaksi asam-basa menurut Arrhenius termasuk dalam kategori sangat tinggi Bronsted-Lowry termasuk dalam kategori tinggi dan Lewis termasuk dalam kategori tinggi (4) persentase siswa yang menganggap reaksi asam-basa Bronsted-Lowry selalu menghasilkan garam adalah 31 7 % dan (5) persentase siswa yang menganggap reaksi asam-basa Lewis selalu menghasilkan garam adalah 18 9 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21667

Actions (login required)

View Item View Item