Puspitasari, Angga Ratih (2009) Penyiapan bahan ajar pada materi bahan kimia dalam kehidupan untuk SMP kelas VIII / Angga Ratih Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya adalah menyempurnakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) menjadi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang lebih menekankan pada pembelajaran konstruktivistik. Implementasi dari KTSP adalah masuknya materi kimia pada jenjang SMP. Sebagai mata pelajaran yang baru kimia diupayakan dapat dipelajari dengan baik tanpa terjadi kesalahan konsep. Sesuai dengan KTSP siswa diharapkan mampu membangun pengetahuannya sendiri dan guru berkewajiban menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif bagi siswa. Guru sebagai fasilitator pendidikan diupayakan mempunyai persiapan yang matang untuk pembelajaran di dalam kelas. Sebagai sebuah alternatif guru dapat mengimplementasikan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif bagi siswa. Pembelajaran ini menekankan pada diskusi kelompok dan sumbangan masing-masing individu sangat berpengaruh terhadap kinerja kelompok sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam membangun pemahamannya. Interaksi belajar antar siswa akan membuat siswa mampu berinteraksi bersosialisasi dan bertukar pikiran dalam memahami materi. Pembelajaran kooperatif akan lebih efektif apabila ditunjang dengan bahan ajar yang dikembangkan dengan berorientasi pada pembelajaran konstruktivistik dan kooperatif. Bahan ajar yang variatif dan operasional akan memperkaya sumber belajar siswa dan mempermudah guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan menghasilkan penyiapan perangkat pembelajaran berupa bahan ajar LKS dan buku petunjuk untuk guru pada materi bahan kimia dalam kehidupan bagi siswa kelas VIII yang layak atau sesuai digunakan dalam pembelajaran dan mengetahui hasil validasi oleh dosen dan guru Sains SMP dalam penyiapan bahan ajar LKS dan buku petunjuk untuk guru pada materi bahan kimia dalam kehidupan bagi siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Menurut Dick and Carey (1985) penelitian dilakukan dengan beberapa langkah yaitu (1) Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran Umum (2) Melaksanakan Analisis materi pelajaran (3) Mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa (4) Merumuskan tujuan pembelajaran (5) Menyusun tes acuan kriteria (Criterion Refenced Test) (6) Mengembangkan strategi pembelajaran (7) Mengembangkan bahan Instruksional (8) Mendesain dan melakukan evaluasi formatif (Validasi) (9) Melakukan revisi. Bahan ajar LKS dan buku petunjuk untuk guru hasil penelitian diuji validitasnya sampai validitas isi dan ujicoba di lapangan dilakukan dan uji coba soal ujian blok. Subjek validasi bahan ajar dan LKS ini terdiri dari 2 orang dosen kimia UM dan 6 orang guru Sains SMP. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah penyiapan perangkat pembelajaran berupa bahan ajar LKS dan buku petunjuk untuk guru dengan tujuan mempermudah implementasi pembelajaran di dalam kelas. Secara garis besar bahan ajar LKS dan buku petunjuk untuk guru ini terdiri dari 3 materi pokok yaitu bahan kimia dalam rumah tangga bahan kimia dalam makanan zat adiktif dan psikotropika yang tercakup dalam standar kompetensi memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan. Hasil validasi terhadap bahan ajar LKS dan buku petunjuk untuk guru yang dikembangkan menunjukkan rata-rata sebesar 93 01% sehingga termasuk kriteria valid. Beberapa masukan penting dari para validator yang diberikan dalam upaya penyempurnaan bahan ajar dan LKS ini antara lain halaman depan perlu diperbaiki agar tampak lebih menarik materi dan isi presentasi guru hendaknya lebih singkat dan padat. Ujicoba keterlaksanaan pembelajaran belum dilaksanakan pada keseluruhan standar kompetensi memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan tetapi terbatas pada indikator pembelajaran (1) menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (2) menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga (3) menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna pemanis pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan (4) menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan (5) menjelaskan pengertian zat adiktif dan menyebutkan contoh zat adiktif. Hasil ujicoba menunjukkan nilai afektif psikomotorik dan kognitif siswa berada di atas SKM (Standar Ketuntasan Minimum). Agar hasil penelitian ini lebih sempurna dan bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran maka perlu dilakukan ujicoba di lapangan pada keseluruhan isi dan materi bahan ajar dan LKS. Selain itu dapat dilakukan penelitian tentang implementasi keseluruhan bahan ajar dan LKS pada siswa kelas VIII untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran Sains Kimia SMP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/21666 |
Actions (login required)
View Item |