Persepsi dan kesiapan guru kimia SMA terhadap implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Kabupaten Pacitan / Uning Deni Rosida - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan kesiapan guru kimia SMA terhadap implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Kabupaten Pacitan / Uning Deni Rosida

Rosida, Uning Deni (2009) Persepsi dan kesiapan guru kimia SMA terhadap implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Kabupaten Pacitan / Uning Deni Rosida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosida Uning Deni. 2008. Persepsi dan Kesiapan Guru Kimia SMA terhadap Implementasi Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) di Kabupaten Pacitan. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ida Bagus Suryadharma M. S. (II) Dra. Hayuni Retno Widarti M. Si. Kata Kunci Persepsi Kesiapan guru kimia KTSP. Sistem Pendidikan Nasional (SPN) di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan kurikulum. Jika meninjau kurikulum sebelumnya secara garis besar dimulai dari kurikulum 1975 Kurikulum 1984 dan kurikulum 1994. Perubahan mendasar terjadi antara kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2004 dan kurikulum KTSP yang menuntut kemandirian guru untuk mengembangkan indikator kompetensi pembelajaran. Adanya perubahan kurikulum yang sekarang menjadi KTSP diharapkan dapat meningkatkan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat (1) persepsi guru kimia terhadap implementasi KTSP (2) kesiapan guru kimia pada implementasi KTSP. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Instrumen yang terdiri dari angket persepsi dan angket kesiapan dibuat sendiri oleh peneliti yang kemudian divalidasi oleh 3 validator. Hasil validasi ketiga validator adalah 99% dengan demikian angket dianggap valid. Subjek penelitian adalah seluruh guru kimia SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Pacitan yang berjumlah 27 orang. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik persentase yang kemudian diklasifikasikan berdasarkan kategorinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat persepsi guru kimia terhadap implementasi KTSP tergolong baik yang ditunjukkan dengan sebagian besar guru (56%) persepsinya baik terhadap pengembangan silabus KTSP sebagian besar guru (60%) persepsinya baik dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran KTSP dan sebagian besar guru (59%) persepsinya baik dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian berbasis KTSP (2) tingkat kesiapan guru kimia terhadap implementasi KTSP tergolong siap yang ditunjukkan dengan sebagian besar guru (71%) menyatakan siap dalam pengembangan silabus KTSP sebagian besar guru (79%) menyatakan siap dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran KTSP dan sebagian besar guru (76%) menyatakan siap dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian berbasis KTSP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21665

Actions (login required)

View Item View Item