Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas X dalam memahami materi stoikiometri di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan / Diansari Andhartini Ni'matun Fajriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas X dalam memahami materi stoikiometri di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan / Diansari Andhartini Ni'matun Fajriana

Fajriana, Diansari Andhartini Ni'matun (2009) Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas X dalam memahami materi stoikiometri di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan / Diansari Andhartini Ni'matun Fajriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andhartini D. 2008. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Tulangan Dalam Memahami Materi Stoikiometri. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Fauziatul Fajaroh M.S. (2) Dra. Nazriati M.Si. Kata Kunci kesulitan belajar stoikiometri. Prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran kimia masih rendah.Untuk memperbaikinya sebagai langkah awal dilakukan identifikasi kesulitan-kesulitan belajar siswa terutama pada konsep-konsep dasar dalam ilmu kimia. Stoikiometri merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki jangkauan yang cukup luas terutama dalam ilmu kimia yang bersifat kuantitatif. Untuk itu identifikasi kesulitan belajar dalam memahami stoikiometri sangat perlu sebagai pembentukan struktur kognitif agar nantinya siswa mampu memahami materi-materi baru yang relevan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kesulitan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dalam memecahkan soal-soal mengenai stoikiometri yaitu pada materi hukum dasar kimia massa atom relatif dan massa molekul relatif mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel massa zat dan volume gas rumus molekul dan rumus empiris kadar zat pereaksi pembatas dan kadar air kristal. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu hanya menggambarkan kesulitan belajar yang dialami siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Tulangan pada tahun ajaran 2007/2008 dalam memahami materi Stoikiometri. Sampel penelitian diambil dengan teknik random yaitu dengan mengambil kelas X-4 sedangkan kelas X-5 sebagai uji coba. Untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dengan diberikan tes dalam bentuk obyektif sebanyak 40 butir. Dari hasil uji coba diperoleh validitas dengan menggunakan rumus moment product dan diperoleh kevalidan antara 0 410-0 809 dengan taraf kesukaran s antara 0 067-0 900 dan daya beda antara 0 2-1 0 sedangkan pengujian reliabilitas diperoleh sebesar 0 9411. Analisis data yang digunakan adalah melalui tiga tahapan yaitu pemberian skor tabulasi data dan pengerjaan hitungan yaitu menghitung persentase siswa yang menjawab salah pada tiap-tiap butir soal. Persentase siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Tulangan tahun ajaran 2007/2008 yang mengalami kesulitan dalam memahami materi stoikiometri pada kelas sampel sebesar 53 18% sedangkan pada kelas uji coba sebesar 49 9% meliputi sub pokok bahasan hukum dasar kimia mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel massa zat dan volume gas penentuan rumus empiris dan rumus molekul rumus air kristal kadar zat dalam senyawa dan pereaksi pembatas yang artinya cukup besar siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi stoikiometri. Kesulitan siswa kelas X dalam memahami pokok bahasan hukum dasar kimia lebih besar dibandingkan dengan pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item