Pengembangan inventori self disclosure berbasis software untuk siswa sekolah menengah pertama / Fitria Ellisofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan inventori self disclosure berbasis software untuk siswa sekolah menengah pertama / Fitria Ellisofa

Ellisofa, Fitria (2015) Pengembangan inventori self disclosure berbasis software untuk siswa sekolah menengah pertama / Fitria Ellisofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ellisofa Fitria. 2015. Pengembangan Inventori Self Disclosure Berbasis Software untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Harmiyanto M.Pd (II) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. Kata Kunci inventori self disclosure software Self disclosure merupakan kemampuan orang untuk berani mengungkapkan informasi mengenai dirinya kepada orang lain khususnya pada usia remaja. Pendidikan mempunyai andil yang besar dalam mengetahui tingkat self disclosure siswa. BK di sekolah memiliki teknik pengumpulan data berupa inventori. Inventori yang digunakan konselor biasanya berupa media cetak. Kekurangan inventori berupa media cetak adalah kurang efisien dan praktis dari segi media waktu dan penyimpanan. Maka dibutuhkan media yang lebih efisien dan praktis untuk melancarkan inventori self disclosure yaitu dengan mengembangkan software beserta buku panduan untuk konselor. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan inventori self disclosure berbasis software untuk siswa SMP yang berterima secara teoritis dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan Borg Gall dengan menggunakan tahap-tahap yang sudah ditetapkan namun menyesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Adapun tahap yang dilakukan adalah (1) pengumpulan data (2) perencanaan (3) penyusunan draft 1 (4) uji coba permulaan (5) analisis dan revisi (6) uji coba lapangan utama (7) analisis dan revisi (8) analisis faktor (9)uji ahli media (10) analisis dan revisi (11) uji pengguna (konselor) (12) analisis dan revisi (13) uji kelompok kecil dan (14) revisi sebagai produk akhir. Pengembangan inventori self disclosure berbasis software menunjukkan bahwa (1) dari uji ahli isi diperoleh hasil sangat sesuai (2) berdasarkan uji coba lapangan utama menunjukkan bahwa item pernyataan valid dan hasil uji reliabilitas menunjukkan reliabilitas sangat tinggi (3) hasil uji ahli media sangat sesuai mengenai software dan buku panduan (4) dari uji calon pengguna produk diperoleh hasil sangat sesuai (5) dari uji kelompok kecil diperoleh hasil sangat sesuai. Peneliti mengajukan beberapa saran yang diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan dan pengembangan produk selanjutnya. Saran pemanfaatan konselor dapat menggunakan inventori self disclosure berbasis software dan membantu siswa mengetahui self disclosure-nya. Saran diseminasi produk dapat digunakan siswa di sekolah lain asalkan mempunyai karakteristik yang cenderung sama dan adanya media. Untuk pengembangan produk lebih lanjut diharapkan kegiatan pengembangan inventori self disclosure berbasis software untuk siswa SMP dilanjutkan dengan populasi yang lebih luas sehingga penggunaan inventori self disclosure berbasis software bisa lebih luas peneliti selanjutnya juga bisa melakukan pengembangan media lain untuk meningkatkan self disclosure siswa mengingat self disclosure individu dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2166

Actions (login required)

View Item View Item