Penerapan model daur belajar dalam upaya peningkatan kualitas belajar mengajar pemisahan campuran siswa kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari Malang / Theresya Purwaning Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model daur belajar dalam upaya peningkatan kualitas belajar mengajar pemisahan campuran siswa kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari Malang / Theresya Purwaning Agustin

Agustin, Theresya Purwaning (2009) Penerapan model daur belajar dalam upaya peningkatan kualitas belajar mengajar pemisahan campuran siswa kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari Malang / Theresya Purwaning Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menurut kurikulum 2004 dan 2006 IPA di SMP mencakup 3 mata pelajaran yaitu fisika biologi dan kimia. Pembelajaran IPA di SMP memerlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk menghasilkan lulusan pendidikan seperti yang diharapkan. Penerapan pembelajaran IPA di SMP dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai yaitu model daur belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran kimia hasil belajar dan persepsi siswa terhadap pembelajaran kimia dan penggunaan model daur belajar dalam pembelajaran materi pemisahan campuran. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII MTs AlMaarif 01 Singosari Malang yang terdiri dari 6 kelas paralel dengan jumlah siswa 240. Sampel diambil secara acak dan didapatkan kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sama yaitu 40 orang siswa. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen pretes instrumen pembelajaran model daur belajar dan konvensional lembar observasi kualitas proses pembelajaran angket persepsi sisw instrumen tes (yang berupa tes tulis) dan lembar perekam psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis deskriptif dan uji-t dua pihak. Dari hasil penelitian terbukti bahwa kualitas proses pembelajaran kimia menggunakan model daur belajar lebih baik dibandingkan konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan kriteria baik sekali sebesar 47 5 % baik sebesar 45 0 % cukup sebesar 12 5 % dan kurang sebesar 0 % untuk kelas kontrol sedangkan untuk kelas eksperimen kriteria baik sekali sebesar 55 0 % baik sebesar 45 0 % kriteria cukup dan kurang sebesar 0 %. Berdasarkan hasil belajar ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model daur belajar dengan konvensional. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model daur belajar lebih tinggi daripada konvensional. Nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan model daur belajar adalah 79 00 dengan standar deviasi sebesar 6 48470 dan nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan model konvensional adalah 65 80 dengan standar deviasi sebesar 4 54719. Pada aspek psikomotor juga menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model daur belajar lebih baik daripada konvensional. Hal ini ditunjukkan pada nilai psikomotorik kelas kontrol dengan kriteria baik sekali sebesar 50 % baik sebesar 40 % cukup sebesar 10 % dan kurang sebesar 0 % sedangkan untuk kelas eksperimen kriteria baik sekali sebesar 55 % baik sebesar 42 5 % cukup sebesar 2 5 % dan kurang sebesar 0 %. Persepsi siswa terhadap pembelajaran kimia dan penggunaan model daur belajar memberikan hasil yang positif sebesar 92 5 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21655

Actions (login required)

View Item View Item