Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan model Sfal untuk SMA kelas X pada materi pokok struktur atom, tabel periodik unsur, dan ikatan kimia / Tutik Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan model Sfal untuk SMA kelas X pada materi pokok struktur atom, tabel periodik unsur, dan ikatan kimia / Tutik Sulistyowati

Sulistyowati, Tutik (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan model Sfal untuk SMA kelas X pada materi pokok struktur atom, tabel periodik unsur, dan ikatan kimia / Tutik Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas agar mempunyai kompetensi untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu pemerintah telah melakukan penyempurnaan kurikulum sebagai upaya meningkatkan SDM dalam bidang pendidikan. Melalui Kurikulum 2006 (KTSP) dilakukan penyempurnaan pada tingkat satuan pendidikan termasuk penambahan pelajaran kimia di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan mata pelajaran kimia di SMA/MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan perluasan pada konsep abstrak. Konsep kimia yang sebagian bersifat abstrak akan menyebabkan siswa cenderung mengalami kesulitan untuk mengkonstruksi pemahaman secara tepat. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang mampu mengaitkan antara materi pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa agar belajar lebih bermakna dan agar siswa mampu membuat pemahaman dengan cara menemukan konsep sendiri. Salah satu cara pembelajaran untuk mengimplementasikan hal di atas adalah pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kontekstual. Melalui pembelajaran berbasis konstruktivistik siswa dapat membangun pengetahuan sendiri berdasarkan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dan melalui pembelajaran berbasis kontekstual siswa mampu menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu model yang dapat digunakan untuk menerapkan pembelajaran kontekstual tersebut adalah model SFAL. Pembelajaran kontekstual dengan model SFAL merupakan suatu pembelajaran yang lebih menekankan pada penampakan strategi pendekatan dan metode pembelajaran berbasis Student-Focused Active Learning yang dituangkan dalam komponen/unsur dalam bahan ajar/buku siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk yang berupa perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual serta mengetahui kesesuaian atau kelayakan perangkat pembelajaran tersebut untuk digunakan dalam pembelajaran kimia SMA/MA. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini diawali degan survai kondisi lapangan kemudian dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran. Langkah selanjutnya dilakukan validasi sedangkan pengembangan produknya berdasarkan model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick dan Carey. Langkah-langkah model pengembangan Dick dan Carey yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum melakukan analisis materi pelajaran mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa menuliskan pengalaman belajar mengembangkan item tes berbasis kriteria pemilihan strategi pembelajaran mengembangkan dan memilih perangkat pembelajaran melaksanakan evaluasi formatif (validasi) melakukan revisi dan memproduksi perangkat pembelajaran. Desain validasi penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran terdiri atas dua bagian bagian pertama merupakan panduan guru (teacher s guide) yang berisi silabus dan sistem penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) instrumen penilaian dan buku guru. Sedangkan bagian kedua adalah buku siswa yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan diskusi atau kegiatan laboratorium. Berdasarkan hasil validasi dari empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 85 46% dengan kriteria valid/baik/layak. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21654

Actions (login required)

View Item View Item