Keterlaksanaan pembelajaran IPA-kimia oleh guru-guru IPA SMP Negeri kelas VII se-kabupaten Sidoarjo berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Isrin Khoiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterlaksanaan pembelajaran IPA-kimia oleh guru-guru IPA SMP Negeri kelas VII se-kabupaten Sidoarjo berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Isrin Khoiriyah

Khoiriyah, Isrin (2009) Keterlaksanaan pembelajaran IPA-kimia oleh guru-guru IPA SMP Negeri kelas VII se-kabupaten Sidoarjo berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Isrin Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum yang diterapkan saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dalam KTSP terdapat materi kimia yang tergabung dalam bidang studi IPA. Dimasukkannya materi kimia dalam kurikulum SMP membuat banyak sekolah merasa tidak siap karena belum mempunyai guru kimia. Keadaan itu memaksa guru fisika dan biologi mengajarkan materi kimia kepada para siswa. yang membuat guru fisika dan guru biologi tersebut mengalami kesulitan karena sebelumnya tidak mempelajari dan mendalami materi tersebut. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru yang mengajarkan materi kimia di beberapa SMP Negeri di Kabupaten Sidoarjo adalah guru fisika biologi bahkan matematika. Selain itu terdapat beberapa guru yang mengalami kesulitan dari segi pengembangan silabus dan penyusunan RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran IPA-Kimia SMP Negeri kelas VII se-Kabupaten Sidoarjo Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ditinjau dari (1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) evaluasi. Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskripif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru IPA yang mengajarkan materi kimia yang tersebar pada 44 SMP Negeri yang terdapat di Sidoarjo. Sampel pada penelitian ini adalah guru IPA yang mengajarkan materi kimia pada 10 SMP Negeri di Kabupaten Sidoarjo. Kesepuluh SMP Negeri tersebut adalah hasil dari teknik sampling random sederhana yang didasarkan atas status sekolah yaitu Sekolah Standar Nasional yang kemudian diambil 20% sehingga didapatkan kesepuluh SMP Negeri tersebut. Masing-masing SMP Negeri mempunyai guru yang mengajarkan materi kimia sebanyak 1 atau 2. Data yang diperoleh dari angket selanjutnya diberi bobot pada tiap-tiap item jawaban dengan mengacu pada kriteria penyekoran angket. Pemberian skor berkisar antara 1 sampai dengan 4. Selanjutnya dilakukan klasifikasi dengan menggunakan rumus. Skor tiap item yang diperoleh diakumulasikan menjadi skor tiap deskriptor indikator dan tiap sub variabel dan hasilnya disesuaikan dengan hasil klasifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) perencanaan pembelajaran IPA-Kimia yang dilakukan oleh guru-guru IPA SMP Negeri kelas VII se-Kabupaten Sidoarjo berdasarkan KTSP adalah baik dengan persentase 76% (2) pelaksanaan pembelajaran IPA-Kimia yang dilakukan oleh guru-guru IPA SMP Negeri kelas VII se-Kabupaten Sidoarjo berdasarkan KTSP adalah cukup baik dengan persentase 62% (3) evaluasi pembelajaran IPA-Kimia yang dilakukan oleh guru-guru IPA SMP Negeri kelas VII se-Kabupaten Sidoarjo adalah baik dengan persentase 75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21653

Actions (login required)

View Item View Item