Pembelajaran kimia dengan strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi pada materi laju reaksi untuk siswa-siswa kelas XI IPA / Putri Eka Yulianthima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kimia dengan strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi pada materi laju reaksi untuk siswa-siswa kelas XI IPA / Putri Eka Yulianthima

Yulianthima, Putri Eka (2010) Pembelajaran kimia dengan strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi pada materi laju reaksi untuk siswa-siswa kelas XI IPA / Putri Eka Yulianthima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianthima Putri E. 2008. Pembelajaran Kimia dengan Strategi Diagram Vee-Peta Konsep Berbantuan Media Animasi pada Materi Laju Reaksi untuk Siswa-siswa Kelas XI IPA. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (2) Herunata S.Pd. M.Pd. Kata kunci diagram vee peta konsep media animasi laju reaksi proses pembelajaran hasil belajar retensi. Sejak diterapkannya rancangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ada banyak sekali strategi pembelajaran yang diciptakan. Agar dapat dilakukan pembelajaran yang bermakna untuk siswa maka harus dipilih strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Strategi yang pernah diteliti untuk materi laju reaksi yang isinya terdiri atas kajian teori dan praktikum adalah strategi diagram vee-peta konsep. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa penggunaan strategi diagram vee-peta konsep pada pembelajaran materi laju reaksi memberikan dampak positif pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran dengan diagram vee-peta konsep siswa harus berinteraksi dengan konsep-konsep yang bersifat abstrak dan teoritis. Menghadapi objek abstrak tersebut maka strategi diagram vee-peta konsep bisa dibantu dengan penggunaan media animasi. Strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi termasuk strategi pembelajaran yang bersifat konstruktivistik. Ciri-ciri pembelajaran konstruktivistik antara lain dapat membantu aspek kognitif afektif dan psikomotor siswa secara seimbang. Selain itu ciri pembelajaran konstruktivistik adalah pembelajarannya berpusat pada siswa (student-centered learning) yang membuat pembelajaran menjadi bermakna untuk siswa. Keuntungan belajar bermakna antara lain adalah informasi yang dipelajari lebih lama diingat (retensi lebih kuat). Berdasarkan alasan tersebut dilaksanakanlah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui (1) proses pembelajaran dengan strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi pada materi laju Reaksi (2) hasil belajar siswa pada pembelajaran materi laju reaksi dengan strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi ditinjau dari aspek kognitif afektif dan psikomotor (3) retensi siswa setelah pembelajaran materi laju reaksi dengan strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa kelas XI IPA SMAN 10 Malang yang terdiri atas tiga kelas. Sampel penelitian ini berupa cluster sample yang diambil secara tidak acak dan yang terpilih adalah kelas XI IPA 2. Proses pembelajaran laju reaksi dengan strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi dibahas sesuai dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan peneliti di kelas XI IPA 2 SMAN 10 Malang sedangkan hasil belajar (aspek kognitif afektif dan psikomotor) dan retensi siswa dibahas sesuai data yang diambil dengan instrumen tes lembar observasi dan tugas-tugas. Pada proses pembelajaran yang telah dilaksanakan di kelas XI IPA 2 SMAN 10 Malang bisa disimpulkan bahwa pembelajaran laju reaksi bisa berjalan baik dengan menggunakan strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi. Hasil analisis terhadap data-data yang telah dikumpulkan selama pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran materi laju reaksi dengan strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi memberikan dampak positif pada proses dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase jumlah siswa yang mendapatkan kriteria sangat baik untuk nilai aspek kognitif afektif dan psikomotor disetiap pertemuan. Hal ini juga didukung oleh persentase ketercapaian setiap unsur penilaian pada lembar observasi aspek afektif dan psikomotor yang sebagian besar berkisar antara 63%-100% artinya ketercapian setiap unsur penilaian pada semua lembar observasi termasuk dalam kriteria baik dan sangat baik. Data untuk retensi siswa sebelum dibahas secara deskriptif terlebih dahulu diuji dengan uji statistik. Ujinya dimulai dengan uji normalitas yang menunjukkan bahwa data untuk retensi tidak terdistribusi normal karena itu analisis dilanjutkan dengan uji hipotesis yang dilakukan dengan Wilcoxon Match Pairs Test. Wilcoxon Match Pairs Test menunjukkan bahwa nilai tes akhir lebih kecil dari nilai tes akhir kedua yang artinya bahwa retensi siswa setelah pembelajaran materi laju reaksi dengan strategi diagram vee-peta konsep berbantuan media animasi tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21652

Actions (login required)

View Item View Item