Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis komputer pada sub pokok bahasan alkana, alkena, dan alkuna terhadap prestasi dan minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad (Student Teams Achievement - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis komputer pada sub pokok bahasan alkana, alkena, dan alkuna terhadap prestasi dan minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad (Student Teams Achievement

Sari, Suci Kartika (2009) Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis komputer pada sub pokok bahasan alkana, alkena, dan alkuna terhadap prestasi dan minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad (Student Teams Achievement. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil validasi pengembangan media pembelajaran Kimia Organik SMA oleh Ahmad Mutamakin (2008) menunjukkan presentase sebesar 83% dengan kriteria layak sebagai sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran dilanjutkan dengan penerapan penggunaan media di kelas untuk mengetahui prestasi dan minat belajar siswa. Bentuk interaksi pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dapat digunakan sebagai metode untuk mencapai tujuan pembelajaran karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasy Experimental Design). Termasuk jenis sampel purposive karena teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Ditentukan kelas eksperimen X-1 sebagai kelas tinggi kelas eksperimen X-6 sebagai kelas rendah dan kelas kontrol X-3 di SMA Negeri 1 Kediri. Instrumen penelitian untuk mengukur prestasi belajar berupa soal pretes-postes soal diskusi dan soal tes akhir dianalisis menggunakan program Minitab 12 for windows. Untuk mengukur minat siswa menggunakan metode angket dengan menggunakan skala Likert pengolahan datanya menggunakan uji parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa SMA Negeri 1 Kediri. Hasil uji-t kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi ( 945 ) 0 00065 0 02500 maka H1 diterima (ada pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis komputer terhadap prestasi belajar siswa). Untuk Uji t kelas kontrol menunjukkan nilai signifikansi ( 945 ) 0 03650 0 02500 maka H0 diterima (tidak ada pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis komputer terhadap prestasi belajar siswa). Hasil uji-t kelas eksperimen tinggi menunjukkan nilai signifikansi ( 945 ) 0 09000 0 02500 maka H0 diterima (tidak ada pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis komputer terhadap prestasi belajar siswa). Untuk Uji t kelas eksperimen rendah menunjukkan nilai signifikansi 0 00000 0 02500 maka H1 diterima (ada pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis komputer terhadap prestasi belajar siswa). Minat belajar siswa pada sub pokok bahasan alkana alkena dan alkuna mempengaruhi prestasi belajar yang terlihat adanya perbedaan kenaikan nilai rata-rata kemampuan awal dan kemampuan akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21651

Actions (login required)

View Item View Item