Perbandingan kekooperatifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar dan persepsi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2007/2008 pada materi sistem koloid / Dewi Na - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan kekooperatifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar dan persepsi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2007/2008 pada materi sistem koloid / Dewi Na

Sari, Dewi Nartika (2009) Perbandingan kekooperatifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar dan persepsi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2007/2008 pada materi sistem koloid / Dewi Na. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang menekankan kepada proses kerjasama dalam suatu kelompok yang bisa terdiri dari 3-5 orang siswa untuk mempelajari suatu materi akademik yang spesifik sampai tuntas. Lima unsur dasar pembelajaran kooperatif adalah saling ketergantungan positif interaksi langsung pertanggungjawaban individu keterampilan berinteraksi antar individu dan kelompok dan keefektifan proses kelompok. Dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw pada masing-masing kelas eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui tingkat kekooperatifan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw (2)Untuk mengetahui perbedaan hasil pada pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw (3)Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen yaitu Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan undian dan terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen STAD dan XI IPA 3 sebagai kelas eksprimen Jigsaw yang masing-masing terdiri dari 40 siswa. Instrumen dalam penelitian terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan yang digunakan meliputi silabus RPP LKS lembar penilaian. Sedangkan instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes dan angket. Instrumen tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan 5 alternatif jawaban sebanyak 25 soal yang telah diuji coba terlebih dahulu. Untuk mengetahui kevalidan butir soal dihitung dengan rumus K-R 20 dengan reliabilitas 0 92 daya beda dan tingkat kesukaran setiap butir soal. Untuk mengetahui kesamaan rata-rata kemampuan awal siswa digunakan uji kesamaan rata-rata nilai Ujian Tengah Semester Kimia yaitu pokok bahasan Asam Basa larutan penyangga dengan menggunakan uji-t dua ujung pada taraf signifikansi 945 0 05. Untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa digunakan angket persepsi siswa dan hasilnya dianalisis secara deskriptif. Dari hasil analisis deskriptif terhadap kekooperatifan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw pada penilaian diskusi kelompok yang meliputi saling ketergantungan positif interaksi langsung antar siswa pertanggungjawaban individu keterampilan berinteraksi antar individu dan kelompok dan keefektifan proses kelompok pada kelas eksperimen STAD lebih besar prosentasenya dibandingkan kelas eksperimen Jigsaw. Hasil perhitungan uji-t pada taraf kepercayaan 95% didapat thitung (2 79) tabel (1 944) sehingga hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerjanya (H1). Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar ( STAD Jigsaw 82 175 77 075) yang signifikan antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dari data pengisian angket persepsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran menunjukkan hasil yang positif yaitu 82 5%. Sedangkan angka persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran kimia yaitu sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi guru mata pelajaran kimia untuk mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD supaya dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21650

Actions (login required)

View Item View Item