Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester I pada materi pokok unsur dan senyawaan dalam kehidupan serta unsur radioaktif / Nurin Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester I pada materi pokok unsur dan senyawaan dalam kehidupan serta unsur radioaktif / Nurin Fitriana

Fitriana, Nurin (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XII semester I pada materi pokok unsur dan senyawaan dalam kehidupan serta unsur radioaktif / Nurin Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan adalah faktor penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satu upaya tersebut yaitu melalui penyempurnaan kurikulum sekolah. Berdasarkan pengalaman-pengalaman kurikulum sebelumnya akhirnya pada tahun 2006 dibentuk dan diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dengan kurikulum ini tiap satuan pendidikan seperti pada sekolah melakukan penyempurnaan kurikulum termasuk pada mata pelajaran kimia. Dalam kimia banyak ditemui konsep pelajaran yang bersifat abstrak hal ini menyebabkan siswa cenderung mengalami kesulitan untuk mengkonstruksi pemahaman secara tepat. Dengan demikian diperlukan suatu pembelajaran yang mampu mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa agar belajar lebih bermakna dan agar siswa mampu membuat pemahaman atau pengetahuan awal dengan cara menemukan konsep sendiri. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diimplementasikan yaitu pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kontekstual. Melalui pembelajaran berbasis konstruktivistik siswa dapat membangun pengetahuan sendiri berdasarkan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menerapkan pembelajaran kontekstual tersebut adalah strategi REACT yaitu Relating Experiencing Applying Cooperating dan Transfering yang dituangkan dalam komponen/unsur dalam bahan ajar/buku siswa. Berdasarkan basis pembelajaran tersebut maka diperlukan suatu perangkat pembelajaran yang lebih bermakna dan operasional. Hal ini dimaksudkan untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk yang berupa perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas dua bagian bagian pertama merupakan panduan guru (Teacher s Guide) yang berisi silabus dan sistem penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) instrumen penelitian dan buku guru. Sedangkan bagian kedua adalah buku siswa yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan diskusi atau kegiatan laboratorium. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kondisi lapangan kemudian dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran. Langkah selanjutnya dilakukan validasi sedangkan pengembangan produknya berdasarkan model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick dan Carey. Langkah-langkah model pengembangan Dick dan Carey yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum melakukan anlisis materi pembelajaran mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa menuliskan pengalaman belajar mengembangkan item tes berbasis kriteria pemilihan strategi pemebelajaran mengembangkan dan memilih perangkat pembelajaran melaksanakan evaluasi formatif (validasi) melakukan revisi dan memproduksi perangkat pembelajaran. Desain validasi penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Berdasarkan hasil validasi dari ke empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 86 38% dengan kriteria valid/baik/layak. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21649

Actions (login required)

View Item View Item