Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang pada materi zat aditif makanan / Nur Kholilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang pada materi zat aditif makanan / Nur Kholilah

Kholilah, Nur (2009) Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang pada materi zat aditif makanan / Nur Kholilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan mendasar kurikulum 2004 (KBK) menjadi kurikulum 2006 (KTSP) adalah adanya materi kimia di SMP. Kimia di SMP merupakan mata pelajaran yang baru. Penelitian ini mengkaji penerapan model Learning Cycle 5 fase dalam pembelajaran materi zat aditif makanan. Penerapan model Learning Cycle 5 fase diduga dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas VIII yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada materi zat aditif makanan serta mengetahui persepsi siswa kelas VIII terhadap materi zat aditif makanan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Malang dengan populasi siswa kelas VIII pada semester 2 tahun ajaran 2007/2008. Sampel diambil dua kelas secara acak dari dua kelas tersebut didapat kelas VIII G sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelompok kontrol. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah silabus RPP tes lembar observasi dan angket. Untuk instrumen tes digunakan tes pilihan ganda dengan jumlah soal 30 dan 4 alternatif jawaban. Soal sebelum diuji cobakan telah divalidasi dengan tingkat kevalidan 0 354-0 752 koefisien reliabilitas 0 875. Untuk mengetahui kualitas proses indikatornya antara lain keaktifan bertanya siswa keaktifan merespon pertanyaan ketepatan dalam mengumpulkan LKS dan ketepatan jawaban LKS. Sedangkan persepsi siswa aspeknya meliputi kesan siswa terhadap mata pelajaran kimia tindakan dalam PBM kesan siswa terhadap model pembelajaran Learning Cycle 5 fase. Data yang didapat dianalisis secara deskripif sedangkan data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dengan teknik analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas proses selama pembelajaran dilihat berdasarkan persentase kriteria yang diperoleh untuk kelompok eksperimen nilai baik sekali 68 42% nilai baik 26 32% nilai cukup 5 26% dan nilai kurang 0 00%. Sedangkan kelompok kontrol diperoleh persentase kriteria untuk nilai baik sekali 25 64% nilai baik 58 97% nilai cukup 15 39% dan nilai kurang 0 00% dari data tersebut dapat disimpulkan kualitas proses kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Nilai hasil belajar siswa kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan model Learning Cycle 5 fase lebih baik dengan nilai rata-rata 75 50 dan standar deviasi 5 15 dari pada kelompok kontrol yang diajar dengan metode konvensional dengan nilai rata-rata 68 31 dan standar deviasi 9 23. Persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia dan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase menunjukkan hasil yang baik yaitu dengan persentase 5 56% persepsi sangat positif 77 78% persepsi positif 16 67% persepsi negatif dan 0 00% persepsi sangat negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21647

Actions (login required)

View Item View Item