Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) / Elly Indarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) / Elly Indarti

Indarti, Elly (2010) Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) / Elly Indarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indarti Elly. 2008. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 5 Malang dalam Memahami Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp). Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dermawan Affandy M.Pd (II) Drs. Supardjito. Kata kunci kesulitan belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) salah satu tujuan pengajaran kimia adalah agar siswa menguasai konsep-konsep kimia dan saling keterkaitannya serta penerapannya baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam teknologi. Tujuan ini dapat dicapai apabila siswa dapat memahami konsep dengan benar. Dalam mempelajari materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan diperlukan pemahaman dan penguasaan konsep dengan benar kemampuan berpikir abstrak dan kemampuan dalam mengoperasikan perhitungan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam (1) memahami dan menentukan Kelarutan (2) menentukan Rumusan Hasil Kali Kelarutan (3) memahami dan menentukan Hasil Kali Kelarutan (4) memahami Pengaruh Penambahan Ion Senama dan menentukan Kelarutan Zat dalam Larutan yang Mengandung Ion Senama serta (5) meramalkan Reaksi Pengendapan berdasarkan Hasil Kali Kelarutan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang pada tahun ajaran 2007/2008 yang terdiri dari kelas XI IPA1 XI IPA 2 XI IPA 3 XI IPA 4 dan XI IPA 5. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 yang berjumlah 71 siswa. Sampel diambil secara undian dengan teknik random sederhana dari populasi yang ada. Data penelitian ini diperoleh dari hasil ujicoba instrumen dan didapatkan 12 butir soal tidak valid 15 butir soal valid. Untuk tingkat kesukaran diperoleh 17 soal memiliki tingkat kesukaran mudah 8 soal tergolong sedang 2 soal tergolong sukar. Sedangkan daya beda tiap butir soal adalah 11 soal memiliki daya beda jelek 10 soal dengan daya beda cukup dan 6 soal dengan daya beda baik. Harga reliabilitas tes hasil ujicoba instrumen adalah 0 72 untuk kelas XI IPA 2 (kelas uji coba 1) dan 0 64 untuk kelas XI IPA 5 (kelas uji coba 2). Selanjutnya data dianalisis dengan menghitung persentase kesulitan tiap rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang yang mengalami kesulitan adalah (1) 41 08% siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menentukan Kelarutan (2) 11 27% siswa mengalami kesulitan dalam menentukan Rumusan Hasil Kali Kelarutan (3) 38 38% siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menentukan Hasil Kali Kelarutan (4) 64 79% siswa mengalami kesulitan dalam memahami Pengaruh Penambahan Ion Senama dan menentukan Kelarutan Zat dalam Larutan yang Mengandung Ion Senama dan (5) 33 80% siswa mengalami kesulitan dalam meramalkan reaksi pengendapan berdasarkan Hasil Kali Kelarutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21641

Actions (login required)

View Item View Item