Pengembangan modul pemisahan campuran untuk SMP/MTs kelas VII semester 1 dengan model pembelajaran Learing Cycle 5 face berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan / Hidayatun Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pemisahan campuran untuk SMP/MTs kelas VII semester 1 dengan model pembelajaran Learing Cycle 5 face berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan / Hidayatun Nikmah

Nikmah, Hidayatun (2009) Pengembangan modul pemisahan campuran untuk SMP/MTs kelas VII semester 1 dengan model pembelajaran Learing Cycle 5 face berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan / Hidayatun Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum penyempurna kurikulum sebelumnya. Diberlakukannya KTSP membawa perubahan terhadap kurikulum mata pelajaran sains di SMP/MTs yaitu adanya materi kimia di SMP/MTs. Karena selama ini pelajaran kimia hanya diajarkan mulai jenjang pendidikan SMA. Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar kimia untuk SMP/MTs yang sesuai dengan KTSP. Bahan ajar kimia untuk SMP/MTs harus berbasis konstruktivistik karena KTSP membawa perubahan pola belajar yaitu dari behavioristik menjadi konstruktivistik. Salah satu bentuk bahan ajar yang dapat dipelajari siswa secara mandiri adalah modul. Sejauh ini belum ada modul pembelajaran kimia untuk SMP/MTs pada materi pokok pemisahan campuran dengan model LC 5 fase yang mengacu pada KTSP. Tujuan utama penelitian pengembangan ini adalah membuat modul pembelajaran dengan menggunakan model belajar LC 5 fase pada materi pokok pemisahan campuran untuk siswa SMP/MTs kelas VII semester 1 berdasarkan KTSP. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian pengembangan prosedural yang mengacu pada 10 langkah Gall dan Borg. Langkah-langkah tersebut adalah (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan pengembangan modul (3) pengembangan modul (4) uji lapangan awal (5) merevisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan hasil uji lapangan (8) uji pelaksanaan lapangan (9) penyempurnaan produk akhir dan (10) diseminasi dan implementasi. Namun karena adanya keterbatasan waktu dalam penelitian ini langkah yang dilakukan hanya sampai pada langkah ketiga. Validasi isi dilakukan oleh 1 orang dosen kimia UM dan 2 orang guru SMP/MTs. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan teknik analisis data menggunakan analisis rata-rata dan persentase. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) modul pembelajaran yang terdiri dari beberapa komponen yaitu cover kata pengantar petunjuk penggunaan daftar isi daftar gambar daftar tabel standar kompetensi kompetensi dasar indikator pencapaian hasil belajar kegiatan belajar (sifat fisika dan sifat kimia dan pemisahan campuran) rangkuman umpan balik kunci jawaban dan daftar rujukan (2) hasil validasi dalam skala 1-4 yang menunjukkan nilai rata-rata 3 4 (85 4%) yang termasuk dalam kriteria valid. Dengan demikian modul pembelajaran yang dikembangkan sudah layak untuk dilakukan uji lapangan awal atau dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21640

Actions (login required)

View Item View Item