Penerapan model daur belajar pada pembelajaran materi pemisahan campuran dalam upaya peningkatan hasil belajar dan kualitas pembelajaran di SMPN 4 Malang / Dina Khitthotul Husniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model daur belajar pada pembelajaran materi pemisahan campuran dalam upaya peningkatan hasil belajar dan kualitas pembelajaran di SMPN 4 Malang / Dina Khitthotul Husniyah

Husniyah, Dina Khitthotul (2009) Penerapan model daur belajar pada pembelajaran materi pemisahan campuran dalam upaya peningkatan hasil belajar dan kualitas pembelajaran di SMPN 4 Malang / Dina Khitthotul Husniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak kurikulum 2004 digunakan yang disebut dengan KBK IPA mencakup 3 mata pelajaran yaitu fisika biologi dan kimia. Kimia sebagai mata pelajaran baru untuk itu perlu di lakukan eksplorasi terhadap metode pembelajaran kimia di SMP. Metode dan materi tersebut haruslah sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku saat ini yakni KTSP yang merupakan penyempurnaan dari KBK. Penelitian ini mengkaji penerapan model daur belajar dalam pembelajaran materi pemisahan campuran. Penerapan model daur belajar diduga dapat meningkatkan hasil belajar dan kualitas proses IPA kimia SMP. Rancangan penelitian ini adalah penelitian semi eksperimental (Quasy experiment design). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Malang pada bulan Desember-Januari 2008. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel penelitian dipilih 2 kelas secara acak sehingga didapat kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sama yaitu 46. Instrumen dalam penelitian ini adalah (1) tes (2) lembar observasi dan (3) angket. Untuk instrumen tes digunakan tes pilihan ganda dengan jumlah soal 30 dan 5 alternatif jawaban. Soal sebelum di uji cobakan telah divalidasi dengan tingkat kevalidan 0.324-0.504 koefisien reliabilitas 0.789. Untuk mengetahui kualitas proses dan persepsi siswa data yang didapat dianalisis secara deskriptif sedangkan data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dengan teknik analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diajar dengan model daur belajar lebih baik pada aspek kognitif dengan nilai rata-rata 75.87 dan standar deviasi 11.83 daripada kelas kontrol yang diajar dengan konvensional dengan nilai rata-rata 68.17 dan standar deviasi 9.15. Pada aspek psikomotorik juga menunjukkan hasil yang lebih baik pada kelas eksperimen yakni 65.23% daripada kelas kontrol 58.70%. Persepsi siswa terhadap pembelajaran kimia dengan model daur belajar adalah positif yakni 78.26% serta kualitas proses juga lebih baik dengan 84.74% siswa kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol 30.43%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21634

Actions (login required)

View Item View Item