Pengembangan perangkat pembelajaran minyak bumi dan petrokimia di SMA/MA berorientasi model problem based learning / Wiji Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran minyak bumi dan petrokimia di SMA/MA berorientasi model problem based learning / Wiji Rahayu

Wiji Rahayu (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran minyak bumi dan petrokimia di SMA/MA berorientasi model problem based learning / Wiji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran diperlukan suatu perangkat pembelajaran salah satunya berupa bahan ajar. Implementasi modul pembelajaran berbasis masalah pada siswa SMA/MA yang telah dilakukan beberapa peneliti diantaranya Sel Elektrolisis dan Korosi (Setyowati 2007) dan Sel Volta (Sukowati 2007) telah dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran yang berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan materi minyak bumi dan petrokimia. Pengembangan perangkat pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam mengajarkan materi minyak bumi dan petrokimia. Tujuan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran minyak bumi dan petrokimia menurut 4D-Model yang dikembangkan oleh Thiagarajan (2) Untuk memperoleh produk pengembangan yang berwujud perangkat pembelajaran minyak bumi dan petrokimia yang berorientasi model PBL (3) Untuk mengetahui tingkat validitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model yang direkomendasikan oleh Thiagarajan (1974) yakni 4D-Model pembatasan (define) perencanaan (design) pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Keempat D dalam 4D-Model merupakan tahap-tahap atau sintak dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Rancangan perangkat pembelajaran ini hanya diadopsi sampai pada D yang ketiga yakni hingga tahap pengembangan (develop). Validasi dilakukan oleh dua dosen Jurusan Kimia UM dan dua guru mata pelajaran Kimia SMA/MA Negeri kelas X di Malang. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian dan angket tanggapan terhadap perangkat pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan adalah perangkat pembelajaran kelas X semester 2 untuk materi pokok minyak bumi dan petrokimia. Perangkat utama yang dikembangkan berupa (a) bahan ajar yang terdiri dari halaman judul kata pengantar daftar isi panduan bagi pengguna bahan ajar pendahuluan uraian materi rangkuman daftar istilah utama daftar pustaka (b) soal-soal latihan dan kunci jawaban (c) Lembar Kegiatan Siswa (d) silabus dan RPP yang dilengkapi dengan instrumen penilaian (kognitif afektif dan psikomotorik). Hasil validasi terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan (dosen Jurusan Kimia dan guru Kimia SMA) menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 5 yang bermakna bahwa secara keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar dengan tingkat validitas sebesar 88% yang bermakna valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21632

Actions (login required)

View Item View Item