Pengembangan panduan pelatihan mind map bagi siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Malang / Roiyan One Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan mind map bagi siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Malang / Roiyan One Febriani

Febriani, Roiyan One (2015) Pengembangan panduan pelatihan mind map bagi siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Malang / Roiyan One Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriani Roiyan One. 2015. Pengembangan Panduan Pelatihan Mind Map Bagi Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Prtama (SMP) Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd (II) Dra. Elia Flurentin M.Pd. Kata Kunci Mind Map Strategi Belajar Siswa SMP Berdasarkan analisis angket kebutuhan siswa dan wawancara konselor menyatakan bahwa belum pernah ada panduan pelatihan mind map untuk siswa SMP. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan panduan pelatihan mind map bagi siswa SMP. Mind map adalah diagram istimewa yang cara kerjanya sesuai dengan cara kerja otak dan yang membantu siswa untuk berpikir membayangkan mengingat dan merencanakan serta memilah informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa panduan pelatihan mind map bagi siswa SMP. Rancangan penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan prosedural bersifat deskriptif dengan mengadaptasi langkah-langkah dari strategi pengembangan Borg and Gall (1983) yaitu melakukan pengumpulan data menyusun tujuan mengembangkan produk bentuk awal melakukan uji ahli lapangan utama melakukan revisi produk berdasarkan saran-saran dari hasil uji lapangan melakukan uji coba produk terbatas melakukan revisi produk akhir. Uji ahli adalah seorang ahli bimbingan dan konseling dan ahli media. Subjek uji kelompok kecil adalah 6 siswa kelas VII SMPN 2 Malang. Hasil penilaian data kuantitatif dianalisis dengan analisis rerata sedangkan hasil penilaian data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif. Spesifikasi dari instrumen uji ahli meliputi ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Berdasarkn penilaian dari ahli materi BK diperoleh skor rata-rata sebesar 3 35 dan 3 85 dari ahli media diperoleh rata-rata sebesar 3 13 dan 3 97 dari calon pengguna produk diperoleh rata-rata sebesar 3 29 dan dari kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar 3 53. Panduan pelatihan mind map sudah sangat sesuai didasarkan pada penilaian terhadap ketepatan/ kegunaan/kemudahan/kemenarikan panduan. Materi yang ada di dalam panduan pelatihan mind map ini sangat dibutuhkan oleh siswa kelas VII untuk mengenal mind map sebagai salah satu strategi belajar efektif. Dari hasil penelitian pengembangan ini disarankan kepada konselor agar dapat menambah konsep materi dari matapelajaran lain sebagai informasi belajar efektif untuk siswa. Hendaknya konselor melibatkan guru matapelajaran tertentu dalam mengaplikasikan mind map dalam pembelajaran siswa. Bagi sekolah diharapkan memanfaatkan panduan pelatihan mind map dengan cara memperbanyak panduan agar siswa memiliki pegangan secara individu. Panduan pelatihan mind map ini perlu diadakan adaptasi apabila akan digunakan untuk siswa di sekolah lain yaitu adaptasi pada kebutuhan siswa terhadap panduan pelatihan mind map ini. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan pelatihan mind map.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2163

Actions (login required)

View Item View Item