Efektifitas penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN Pademawu Pamekasan pada materi pokok reaksi oksidasi dan reduksi / Dina Laurina - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN Pademawu Pamekasan pada materi pokok reaksi oksidasi dan reduksi / Dina Laurina

Dina Laurina (2009) Efektifitas penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN Pademawu Pamekasan pada materi pokok reaksi oksidasi dan reduksi / Dina Laurina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan adalah meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis membuat keputusan rasional tentang apa yang diperbuat atau apa yang diyakininya. Dalam proses inkuiri siswa belajar dan dilatih bagaimana mereka harus berpikir kritis sehingga kemampuan berpikir kritis siswa akan meningkat karena mereka selalu dihadapkan pada suatu informasi yang harus mereka analisis dan simpulkan. Penerapan model inkuiri terbimbing dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN Pademawu Pamekasan pada materi pokok Reaksi Oksidasi dan Reduksi mengetahui penerapan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN Pademawu Pamekasan dan mengetahui perolehan hasil belajar siswa kelas X melalui penerapan model inkuiri terbimbing di SMAN Pademawu Pamekasan. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (quasy experimental design) post test only dan rancangan deskriptif. Rancangan penelitian eksperimental semu bertujuan untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat yaitu jika siswa diajar dengan pembelajaran model inkuiri maka kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa akan meningkat dengan cara melibatkan kelompok kontrol disamping kelompok eksperimental (Lemlit 2003 50). Rancangan deskriptif bertujuan untuk memperoleh gambaran secara nyata tentang sikap siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang signifikan antara pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dan model konvensional pada pembelajaran kimia materi pokok reaksi oksidasi reduksi. Hal ini berarti penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMAN Pademawu Pamekasan. Kualitas proses belajar siswa kelas X melalui penerapan model inkuiri terbimbing di SMAN Pademawu Pamekasan lebih tinggi dibandingkan dengan kualitas proses belajar siswa kelas kontrol. Sikap siswa terhadap pembelajaran model inkuiri terbimbing sangat positif. Hal ini terbukti dengan persentase angket sikap siswa sebesar 75% yang berarti bahwa siswa kelas X SMAN Pademawu Pamekasan menyukai pembelajaran model inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21628

Actions (login required)

View Item View Item