Dampak penguatan media pembelajaran VCD pada metode student teams achievement divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester I dalam mempelajari materi struktur atom dan sistem periodik / Yulia Fajar Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak penguatan media pembelajaran VCD pada metode student teams achievement divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester I dalam mempelajari materi struktur atom dan sistem periodik / Yulia Fajar Rini

Yulia Fajar Rini (2009) Dampak penguatan media pembelajaran VCD pada metode student teams achievement divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester I dalam mempelajari materi struktur atom dan sistem periodik / Yulia Fajar Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang digunakan saat ini menawarkan perubahan yang cukup besar untuk mendorong siswa membangun sendiri pemahamannya. Konsekuensi dari diterapkannya KTSP guru diharapkan menggunakan metode pembelajaran yang berorientasi pada kontruktivistik. Diantara metode tersebut adalah metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Selain itu digunakan media pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran VCD materi struktur atom dan sistem periodik untuk SMA Kelas XI semester I (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran VCD materi struktur atom dan sistem periodik untuk SMA Kelas XI semester I dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran STAD tanpa penguatan VCD dengan pembelajaran STAD dengan penguatan VCD untuk materi struktur atom dan sistem periodik pada siswa kelas XI SMAN 7 Malang. Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah tahap pengembangan media pembelajaran VCD dan tahap kedua adalah tahap uji coba media pembelajaran VCD kepada siswa dan uji kelayakan oleh para guru dan dosen. Pada tahap pertama media dikembangkan dengan rancangan Dick and Carrey. Model Dick and Carrey terdiri dari langkah-langkah mengidentifikasi tujuan umum dari pembelajaran melaksanakan analisis pembelajaran mengidentifikasi karakteristik siswa merumuskan tujuan performansi mengembangkan butir-butir tes acuan patokan mengembangkan strategi pembelajaran mengembangkan dan memilih material pembelajaran mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif dan merevisi bahan pembelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu yang melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas ekperimen. Lokasi penelitian adalah SMAN 7 Malang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA SMAN 7 Malang yang terdiri dari 126 siswa. Sedangkan sampel adalah siswa kelas XI-IPA 1 dan XI-IPA 2. Instrumen yang digunakan berupa instrumen angket untuk uji kelayakan oleh guru dan dosen dan instrumen berupa tes sebagai instrumen pengukuran hasil belajar. Instrumen perangkat pembelajaran berupa silabus Rencana Pembelajaran Hand Out Worksheet untuk kegiatan diskusi kelompok Lembar Penilaian kegiatan kooperatif STAD kuis dan VCD pembelajaran. Juga angket sikap siswa terhadap media pembelajaran. Sebelum diberikan kepada siswa khusus instrumen tes diujikan kepada siswa kelas XII-IPA 3. Dan diperoleh hasil tes yang valid sebanyak 44 soal dan reliabilitas soal sebesar 0 84. Untuk mengetahui pengaruh media terhadap hasil belajar siswa dilakukan analisis terhadap nilai tes akhir siswa. Analisis data dilakukan dengan membandingkan nilai tes akhir materi struktur atom dan sistem periodik menggunakan uji-t pihak kanan. Kelayakan media dianalisis dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif dengan persentase menggunakan instrumen angket. Hasil pengembangan berupa VCD pembelajaran untuk materi Struktur Atom dan Sistem Periodik untuk Kelas XI Semester I berdurasi 45 menit yang terdiri dari pembukaan materi dan penutup. Materi yang disajikan terdiri dari Perkembangan Model Atom Dalton hingga Model Atom Rutherford Model Atom Bohr Model Atom Mekanika Kuantum Perbedaan Model Atom Bohr dan Model Atom Mekanika kuantum Penentuan Posisi Elektron pada Model Atom Mekanika Kuantum melalui Bilangan Kuantum Pengisian Konfigurasi Elektron Berdasarkan Model Atom Mekanika Kuantum Menentukan Posisi Elektron dengan Bilangan Kuantum Penentuan Harga Keempat Bilangan Kuantum dari Elektron Valensi Penentuan Letak Golongan Periode dan Blok dari Unsur Dalam Sistem Periodik melalui Bilangan Kuantum dari Elektron Valensinya. Dari hasil uji kelayakan media oleh guru dan dosen diperoleh kelayakan media pembelajaran sebesar 85 16%. Hasil uji coba pada siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan STAD dengan penguatan media lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar hanya dengan STAD (nilai rata-rata kelas eksperimen 81 58 dan kelas kontrol 69 08 uji-thitung 6 48 ttabel 1 66) . Penguatan media pembelajaran VCD untuk materi struktur atom dan sistem periodik dengan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) terbukti meningkatkan hasil belajar siswa sehingga media pembelajaran VCD yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21625

Actions (login required)

View Item View Item