Lutfi Nur Azizah (2009) Pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5 fase pada pokok bahasan struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri I Talun Kabupaten Blitar tahun ajaran 2006/2007 / Lutfi Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam era globalisasi sehingga perlu dilakukan perubahan dan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Upaya pembaharuan dalam bidang pendidikan dilakukan melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Kurikulum ini mengarahkan pada proses pembelajaran konstruktivistik agar siswa dapat membangun pengetahuannya melalui serangkaian proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mengacu pada proses pembelajaran konstruktivistik adalah model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional (2) mengetahui persepsi siswa terhadap pelajaran Kimia dan terhadap model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase. Penelitian menggunakan rancangan eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri I Talun pada tahun ajaran 2006/2007. Sampel dalam penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara acak kelas. Instrumen dalam penelitian adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dan analisis deskriptif. Analisis statistik dilakukan pada data kemampuan awal siswa dan data hasil belajar siswa sedangkan analisis deskriptif dilakukan pada data persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 5 Fase dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dimana rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 5 Fase lebih tinggi (81 13) daripada dengan pembelajaran konvensional (74 53) (2) Keaktifan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase lebih banyak (39% siswa menjawab 22 4% siswa menanggapi dan 21 5% siswa bertanya) daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional (20 2% siswa menjawab 9 2% siswa menanggapi dan 8 3% siswa bertanya) (3) Persepsi siswa menunjukkan bahwa sebanyak 71 05% siswa menyatakan persepsi yang positif terhadap pelajaran Kimia dan sebanyak 63 16% siswa menyatakan persepsi positif terhadap model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menyukai pelajaran Kimia dan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam proses pembelajaran dan dapat disosialisasikan di sekolah-sekolah karena memberikan hasil belajar siswa yang cukup baik dan meningkatkan minat serta kreativitas siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/21624 |
Actions (login required)
View Item |